News Ticker

Rangkaian Kegiatan Warnai Peringatan HKN ke 55 di KKT

Bertempat di di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Selasa (12/11/2019) telah dilaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 Tahun 2019.
Share it:
Sekda KKT Piterson Rangkoratat sebelum membuka rangkaian kegiatan memperingati HKN ke 55 Tahun 2019 
Saumlaki, Dharapos.com – Bertempat di di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Selasa (12/11/2019) telah dilaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 Tahun 2019.

Giat tersebut mengusung  tema nasional "Generasi Sehat Indonesia Unggul".

Sejumlah pihak hadir pada momen tersebut diantaranya  Sekretaris Daerah KKT Piterson Rangkoratat, SH, Dansatrad 245/Nifmasbulur yang diwakili Pasiops Satrad 245/Nifmasbulur, Mayor (Lek) Guntur Auriyanto, Danlanal Saumlaki yang diwakili oleh Kasat Kom Lanal Saumlaki, Letda Laut (E) Darmanto, A.Md, Wakil Uskup Wilayah KKT-MBD, RD. Simon Petrus Matruty.

Kemudian, Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda KKT, Bambang Eko Priyanto, S.Pd, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan KKT, Mesakh Rahandekut, S.Pd, M.Pd,  Staf Ahli Bupati Bid.Pembangunan dan SDM KKT, Yongki Soisa, S.STP.

Serta Pimpinan OPD lingkup Pemda setempat, instansi vertical, BUMD/BUMN di KKT dan para tamu undangan lainnya.

Adapun rangkaian kegiatan diawali Jalan Santai yang dilepas Asisten Administrasi dan Umum KKT, Bambang Eko Priyanto, S.Pd.

Star di depan SATOS Saumlaki, peserta menempuh rute melewati depan BPD Maluku menuju Jalan.  Ir. Soekarno melintasi perempatan Polres MTB ke arah perempatan Dinas Kesehatan KKT hingga berakhir di lokasi kegiatan.

Selain itu dilaksanakan Senam Germas.

Momen peringatan Hari Kesehatan Nasinonal yang ke 55 yang dilaksanakan tahun ini mendapat dukungan penuh dari LOKAPOM Saumlaki, Bank Modern Cabang Saumlaki, Bank Maluku & Malut Cabang Saumlaki, BNI Cabang Saumlaki serta usaha swadaya Dinas Kesehatan dan Puskesmas se-KKT.

Momen giat jalan santai bersama
Rangkaian pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke 55 tahun 2019 dilaksanakan di Kota Saumlaki ini akan berlangsung 12 - 14 November 2019.

Guna memeriahkan, Dinas Kesehatan melaksanakan beberapa kegiatan dan perlombaan antara lain Pemberian Makanan Tambahan bagi Bayi, Balita dan Bumil KEK, Pembagian Kelambu Berinsektizida untuk Mencegah Penyakit Malaria, serta sejumlah lomba seperti Tenaga Kesehatan Teladan, Senam Germas, Lomba Cerdas Cermat tingkat SD dan SMP serta Lomba Cipta Menu Berbasis Pangan Lokal Untuk lbu Hamil Dalam Pencegahan Stunting.

Juga, Lomba Puskesmas Berprestasi yang diikuti peserta terbaik dari 12 Puskesmas pada 10 Kecamatan di KKT.

Sekda KKT resmi membuka rangkaian lomba yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Menteri Kesehatan RI dalam sambutannya yang dibacakan Sekda KKT, mengatakan pembangunan kesehatan sebagai pelaksanaan amanat UUD 1945 telah mencapai hasil yang menggembirakan.
Hal itu ditandai dengan meningkatnya lndeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (lPKM) pada 2018 lalu.

Hal Ini, lanjut Menkes, adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan sepanjang lima tahun terakhir ini, antara lain menurunnya angka stunting balita, angka kematian ibu dan angka kematian nasional.

Strategi Pembangunan Kesehatan yang dibangun melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan nasional, melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), Program Nusantara Sehat (NS) dan program JKN, bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, dengan beragam tantangan dan rintangannya telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah kesehatan untuk mewujudkan SDM yang sehat.

Sejumlah tamu undangan hadir dalam upacara peringatan yang dipusatkan di halaman kantor Dinkes KKT
"Hal tersebut menunjukan dengan kerja bersama kita telah berhasil mempersiapkan Generasi Sehat untuk Indonesia Unggul pada tahun 2045,” cetusnya.

Menkes berharap generasi sehat yang diperjuangkan secara bersama-sama dapat menjadi SDM Unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka saat bonus demografi nanti mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera.

“Saya berharap agar rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat dan menjadi ajang mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat,” harapnya.

Menkes juga pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan, lintas sektor di pusat dan daerah serta seluruh lapisan masyarakat.

“Yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan Generasi Sehat Untuk Indonesia Unggul. Selamat Hari Kesehatan Nasional. Salam Sehat, Sehat Indonesia,” tukasnya.

Seusai sambutan, Sekda menyerahkan secara simbolis PMT Bumil dan Kelambu Berinsektizida Malaria.

(dp-18)
Share it:

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi