News Ticker

1000 Orang Kaum Muda Banjiri Kemah Kerja Pemuda Di Tanimbar

Komando Distrik Militer (Kodim) 1507/Saumlaki, menggelar kegiatan Kemah Bakti Pemuda dalam rangka Karya Bakti Skala Besar Kodam XVI/Pattimura yang bertempat di pantai Weluan Olilit Timur, desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).
Share it:
Kegiatan Kemah Bakti Pemuda dalam rangka Karya Bakti Skala Besar Kodam XVI/Pattimura bertempat di pantai Weluan Olilit Timur, desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan, KKT
Saumlaki, Dharapos.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 1507/Saumlaki, menggelar kegiatan Kemah Bakti Pemuda dalam rangka Karya Bakti Skala Besar Kodam XVI/Pattimura yang bertempat di pantai Weluan Olilit Timur, desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

Giat tersebut berlangsung selama 3 hari, 12-14 Juli 2019.

Kemah bakti ini diikuti 1000 orang pemud/i yang berasal dari sejumlah Ormas Kepemudaan di wilayah itu, Organisasi kepemudaan tiap Agama, dan organisasi kemahasiswaan serta para pelajar.
Kegiatan ini juga melibatkan prajurit TNI dan Polri di KKT seperti 1 SST Yonif 734/Satria Nusa Samudera, 1 SST Kodim 1507/Saumlaki, 1 SST gabungan TNI AL dan TNI AU Satuan Radar Saumlaki, 1 SST Brimob Kompi 3 Bataliyon -C Pelopor Saumlaki, 1 SST Polres Kepulauan Tanimbar, dan juga melibatkan  1 SST gabungan ASN dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD serta Dinas Perhubungan setempat.

Kegiatan dibuka Pa Ahli Pangdam XVI Pattimura, Kolonel Inf. A. J. Waluyo pada tanggal 13 Juli 2019 dengan Komandan Upacara: Pasi Log Kodim 1507/Saumlaki Kapten Inf Kasrun dan Perwira Upacara: Danramil 02 - 1507/ Saumlaki Kodim, Kapten Inf Andalais Ohorella.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Dandim 1507/Saumlaki, Letkol Inf Rahmad Saerodin SIP, Kapolres Maluku Tenggara Barat AKBP Andre Sukendar, SIK, Kasdim 1507/Saumlaki Mayor Inf M.Ibrahim Sidik Soulisa, Para Kabag di  Polres MTB, Para PJU Kodim 1507/ Saumlaki, Mayor Inf Rolando (Pamen Kodam XVI/ PTM), Dankima Yonif 734/SNS Kapten Inf Asten Asterius, Danki Brimob Kompi 3 Bataliyon -C Pelopor Saumlaki, Iptu Abraham A.Thenu,  Danlanal Saumlaki yang diwakili Letda Laut (K) dr.Heka Setio Arianto,  Dansatrad 245/ Nifmasbulur yang diwakili oleh Kapten Lek Soni, Asisten II Setda Kepulauan Tanimbar, dr. Edwin Tomasoa, Kepala Dishub KKT Andri Kurniawan, Kepala BPBD Drs. D. B. Laiyan, M.Si dan sejumlah undangan.

Dandim dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan ini dilakukan berdasarkan surat telegram 151/ BNY No ST/343/2019 Tanggal 26 April 2019 tentang perintah merencanakan, menyiapkan dan menyelenggarakan program serbuan teritorial Kodam XVI/ PTM tahun 2019 serta Program kerja Kodim 1507/ Saumlaki TA. 2019 di bidang teritorial khususnya tentang program serbuan teritorial Kodam XVI/ PTM tahun 2019.

"Kegiatan ini bertujuan membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pulau-pulau terpencil dan terluar," ungkapnya.

Pelaksanaan kegiatan ini menurut Dandim, dilakukan serangkaian program Serbuan teritorial lain selama delapan hari yakni dari tanggal 13-20 Juli 2019.

Salah satu agenda yaitu perkenalan senjata atau alatmatsus TNI AD kepada peserta 
Kegiatan program serbuan teritorial Kodam XVI/ PTM tahun 2019 di Wilayah Kodim 1507/ Saumlaki dibagi atas dua yakni  sejumlah kegiatan fisik seperti kerjasama / gotong royong karya bakti peduli lingkungan, dan penanaman pohon.

Sementara kemah bakti Pemuda merupakan bagian dari kegiatan non fisik bersama sejumlah kegiatan non fisik yang lain seperti pelayanan kesehatan, pembagian sembako, pendidikan Paud, perpustakaan keliling dan Babinsa mengajar, penyuluhan masyarakat, anjangsana, pemutaran film edukasi dan perjuangan serta diskusi kebangsaan.

Pangdam XVI/Pattimura dalam amanatnya yang dibacakan oleh Irup, menjelaskan pula bahwa Kemah bakti Pemuda ini merupakan bagian dari kegiatan skala besar dalam rangka serbuan Teritorial Kodam XVI/Pattimura.

"Ini untuk memajukan generasi muda Maluku dan untuk membentuk kepribadian berahlak mulia, displin, dan berjiwa kesatria karena dalam acara kemah pemuda bakti ini, para pemuda dan pemudi selain mengikuti bakti perkemahan, juga akan di berikan beberapa materi," rincinya.

Pangdam berharap para pemuda dan pemudi yang terlibat dalam kegiatan ini untuk terus belajar dan aktif melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler, menghindari pengaruh-pengaruh negatif di lingkungan sekitar, serta terus memperkokoh komitmen persatuan dan kesatuan bangsa.

Sesuai pantauan dilapangan, selama kemah bakti pemuda, pihak penyelenggara mengadakan sejumlah agenda seperti perkenalan senjata atau alatmatsus TNI AD kepada peserta, Montenering (peluncuran,rayapan tali satu dan jembatan tali dua), permainan outbon, olahraga bersama, penanaman pohon/penghijauan, serta pemutaran film perjuangan.

Kegiatan kemah bakti pemuda ditutup pada, Minggu pagi dengan api unggun dan doa bersama.

Hendrik Bwarnirun (21) dan Arni Menase Lorulung (21) peserta Calon Bintara dari desa Adaut kecamatan Selaru yang ikut terlibat dalam kegiatan kemah bakti pemuda ini menilai, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka sebagai generasi muda yang berada di wilayah pulau terluar.

"Kami merasa senang karena bisa dapat banyak materi seperti pengenalan senjata, berolah raga, dan kegiatan lain-lain. Kami berharap, kegiatan yang baik ini terus dilakukan di waktu-waktu mendatang" ujar Hendrik dan Arni.

(dp-47)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi