News Ticker

Prihatin, Pemda Maluku Siap Bantu Janes dan Keluarga

Kehidupan keluarga Janes Michael (37 tahun), seorang perajin batako bersama istri, Jacklyn Yacob (30), yang bertahan hidup bersama empat anaknya di bawah gubuk berukuran 3 x 2,5 meter menarik perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Maluku.
Share it:
Wagub Maluku, Barnabas Orno, saat berada di rumah Janes, di Air Besar, Desa Passo, Kecamatan Baguala, Ambon
Ambon, Dharapos.com - Kehidupan keluarga Janes Michael (37 tahun), seorang perajin batako bersama istri, Jacklyn Yacob (30), yang bertahan hidup bersama empat anaknya di bawah gubuk berukuran 3 x 2,5 meter menarik perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Maluku.

Untuk itu, Pemda siap membangun rumah yang layak dan bantuan pendidikan kepada anak Janes yang pertama.

Menyusul pemberitaan Kumparan.com, Janes yang bekerja pada perusahaan kayu terbesar di Maluku yaitu PT. Gema Hutan Lestari di Kabupaten Buru, baru setahun menjadi karyawan. Namun, dia mengalami kecelakaan berat saat menebang pohon hingga akhirnya membuat kakinya patah dan mengalami gangguan pada tulang belakang.

Wakil Gubernur Maluku, Barbanas Orno, yang mengetahui kehidupan keluarga yang dikategorikan miskin ini, bertolak dari kantor Gubernur menuju rumah Janes, di Air Besar, Desa Passo, Kecamatan Baguala, Ambon.

Turut mendampinggi, Kepala Dinas Sosial Maluku, Sartono Pining, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, Mimi Hudjajanti, Kepala Biro Humas dan Protokol setda Maluku, Muhammad Januaries.

Perjalanan dari mata jalan Air Besar, Passo menuju keluarga Janes lumayan jauh, dengan melewati jalan berbecek tanah merah.

Walaupun demikian, tidak menyurutkan niat, mantan Bupati MBD ini, untuk melihat secara langsung kehidupan keluarga Janes, yang tinggal dibawah atap bocor dan ditutupi terpal berwarna biru, berdinding pelepah sagu dan papan ini.

Sesampainnya di kediaman mini Janes, Wagub kemudian berbicang-bincang dengan Janes dan keluarga untuk mengetahui lebih mendalam terhadap berbagai kesulitan yang dihadapi.

Ia pun berjanji akan membantu pendidikan anak Janes (Aprilia Michael), yang saat ini mengecap Pendidikan di Kelas II SD Teologi Kristen Desa Suli, Kecamatan Salahutu yang sempat putus sekolah karena ketidakmampuan untuk membiayai.

Apalagi, harus mengobati sang istri yang mengidap gejala penyakit ginjal.

Sedangkan untuk lahan tempat tinggal Janes masih menumpang di lahan milik kerabat.

Mendengar jawaban tersebut, Wagub meminta ketua RT setempat untuk menfasilitasi penyediaan lahan, sehingga bisa dilakukan pembangunan yang  layak.

Kepada Wagub, Janes juga mengutarakan penghasilan yang didapat selama ini tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarganya.

 “Dari kerja batako, jika penjualan lancar, pendapatan juga lancar,” akuinya.

Untuk itu, Wagub memberikan bantuan uang sebesar Rp5 juta guna memenuhi kebutuhan Janes dan keluarga.

Selain membantu Pendidikan dan pembangunan rumah layak, Wagub juga berjanji akan memberikan akses listrik di rumah Janes.

(**)
Share it:

Berita Pilihan Redaksi

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi