News Ticker

Kepala Ohoi Orongkai Namar ke 7 Definitif Resmi Dikukuhkan

Raja (Rat) Manyew Rumadian Norbertus Watratan resmi mengkukuhkan Antonius Arobi Kurniawan Sirwutubun, S.IP sebagai Kepala Ohoi Orongkai Namar ke 7 definitif.
Share it:
Foto bersama seusai prosesi pengukuhan Kepala Ohoi Orongkai Namar ke 7 Definitif
Langgur, Dharapos.com - Raja (Rat) Manyew Rumadian Norbertus Watratan resmi mengkukuhkan Antonius Arobi Kurniawan Sirwutubun, S.IP sebagai Kepala Ohoi Orongkai Namar ke 7 definitif. 

Pengukuhan tersebut bertempat di Woma El Valken Namar, Sabtu (12/1/2019) sekira pukul 16.27 Wit. 

Acara pengukuhan ini dihadiri Camat Manyew bersama staf, para pihak Koramil dan Polsek setempat, Kepala Ohoi tetangga, para tua adat, Kepala Marga Tethool dari Ohoi Ngilngof, Ketua Yayasan Mutiara Tual Silvius Rejaan bersama jajarannya, Kepala Ohoi Ohoidertutu , Kepala Ohoi Ohoiren dan sejumlah undangan lainnya, 

Masyarakat adat Ohoi Namar dan kepala marga Rahan Rareer bersama tetua adatnya memberikan dukungan positif terhadap acara pengukuhan tersebut yang berjalan aman dan lancar hingga selesai. 

Awal prosesi, Raja Manyew, tetua adat Utan Loor rat Manyew bersama Camat Kecamatan Manyew serta staf telah berada di Woma El Valken Namar bersama tetua adat Ohoi Namar. 

Sementara  itu, Calon Kepala Ohoi Orongkai Namar ke 7 diarak-arakkan menuju Woma (Tempat Keramat/Pusat Desa) tempat pelaksanaan pengukuhan oleh masyarakat adat Ohoi Namar. 

Keluarga Besar Rahan Rareer ikut serta dalam pengarakan menuju ke Woma guna mengikuti pelaksanaan pengukuhan.

Setiba di depan pintu masuk Woma El Valken Namar, Calon Kepala Ohoi Orongkai Namar ke7 disambut oleh penatua adat Ohoi Namar untuk memulai ritual adat dan kemudian dipersilakan untuk masuk ke Woma El Valken Namar agar mengambil tempat di depan Woma, setelah itu disuguhi dengan nyanyian adat.

Usai suguhan lagu adat,  prosesi dilanjutkan dengan doa adat oleh Theo Harbelubun dengan sesajian dalam bentuk derma adat dan kemudian diletakan diatas Woma dan dilanjutkan dengan prosesi sumpah diri secara spontan oleh Calon Kepala Ohoi Orongkai Namar ke 7 sebagai bentuk pernyataan dirinya kepada Tuhan dan leluhur serta hukum adat Larvul Ngabal. 

Prosesi ini disaksikan langsung Raja Manyew, Kepala Marga Tethool Ohoi Ngilngof, Camat Kecamatan Manyew dan seluruh masyarakat adat Ohoi Namar yang hadir saat itu. 

Dalam sumpahnya, Sirwitubun berjanji akan menjalankan tugas pemerintahan maupun pemerintahan adat dengan senantiasa mengacu kepada semua regulasi yang berlaku serta senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai hukum adat Larvul Ngabal dalam pelaksanaan tugas pemerintahan adat dibawah Raja. 

Kepala Ohoi Orongkai Namar ke 7 Definitif, Antonius Arobi Kurniawan Sirwutubun, S.IP (pakaian adat kuning)
Dalam prosesi sumpah adat, dilampirkan pula garis keturunan lurus kedudukan jabatan Kepala Ohoi Orongkai Namar pertama hingga keenam dan dilanjutkan kepada generasi ke 7 yaitu Antonius Arobi Kurniawan Sirwutubun.

Selanjutnya Wakil Ketua Badan Saniri Ohoi (BSO) mengambil tanah dari Woma lalu memasukan kedalam air kelapa dan memberikan kepada Sirwutubun untuk meminumnya sebagai tanda menyucikan diri dari berbagai perbuatan tercela selama menjalankan tugas dan jabatan Kepala Ohoi Orongkai Namar. 

Raja Manyew selanjutnya dipersilahkan mengambil tempat di depan pelataran Woma untuk melaksanakan tugas pengukuhan. 

“Dengan memohon uluran tangan kasih Tuhan dan leluhur serta hukum adat Larvul Ngabal, hari ini secara resmi mengukuhkan Antonius Arobi Kurniawan Sirwutubun sebagai Kepala Ohoi Orongkai Namar ke 7 untuk melaksanakan berbagai hal yang berhubungan dengan adat, berdasarkan hukum adat Larvul Ngabal dengan Sa Sorfitnya,” ucapnya.

Disusul kemudian dengan penyerahan rekomendasi dari Raja Manyew Rumadian sebagai calon tunggal yang kemudian akan dilantik serta pengambilan sumpah/janji jabatan oleh Bupati Maluku Tenggara.

Tua Adat Rahan Rareer Nikolaus Sirwutubun atas nama marga Rahan Rareer menyerahkan tongkat pusaka mata rumah kepada Antonius Arobi Kurniawan Sirwutubun untuk dipakai dalam menjaga dan mengingatkan dirinya selama menjabat jabatan kurun waktu 6 tahun ke depan. 

Selanjutnya, oleh Ketua BSO dihadapan para pihak yang hadir berkesempatan menyerahkan berkas dokumen syarat masuk menjadi Kepala Ohoi Orongkai Namar ke 7 Definitif kepada Camat Manyew untuk selanjutnya diteruskan kepada Bupati Maluku Tenggara. 

Dokumen tersebut dijadikan bahan periksa sebagai data untuk menerbitkan SK Bupati terhadap pengangkatan Kepala Ohoi Orongkai Namar Definitif serta proses pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan.

(dp-40)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi