News Ticker

Jabat Ketua PMI Tual, Rahayaan Dorong Peningkatan Kapasitas Organisasi

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tual Adam Rahayaan, S.Ag, M.Si mendorong seluruh pengurus organisasi kemanusiaan yang baru dilantik untuk meningkatkan kapasitasnya.
Share it:
Pelantikan Pengurus PMI Kota Tual periode 2014 -2019 oleh Ketua PMI Maluku, John Ch. Ruhulessin
Tual, Dharapos.com 
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tual Adam Rahayaan, S.Ag, M.Si mendorong seluruh pengurus organisasi kemanusiaan yang baru dilantik untuk meningkatkan kapasitasnya.  

"Saya sangat berharap setelah di lantiknya pengurus Palang Merah Kota Tual kiranya segera dibangun
kapasitas organisasi dan kelembagaan, penguatan sumber daya manusia melalui pembentukan korps sukarelawan KSR karena KSR  merupakan kekuatan untuk melakukan kegiatan kemanusiaan, penyediaan sarana prasarana pendukung melalui program jangka pendek maupun jangka panjang," dorongnya usai dilantik sebagai Ketua PMI Kota Tual, Senin (16/1).

Diuraikannya, PMI adalah organisasi yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan yang keberadaannya di akui secara nasional maupun internasional.

"Kita telah tahu bersama bahwa eksistensi dan keberadaan organisasi kemanusiaan PMI dalam  membantu mengurangi penderitaan manusia, dalam menghadapi bencana alam maupun konflik kemanusiaan di Indonesia tidak bisa di ragukan lagi," urainya.

Khususnya, dalam kecepatan reaksi terhadap situasi tanggap darurat bencana maupun kemampuan, relawan kemanusiaan  serta dukungan sarana maupun prasaran di daerah bencana.

Mengingat betapa pentingnya tugas PMI, Wali Kota pun menyarankan kepada semua pengurus untuk tetap melakukan komunikasi aktif dengan pengurus tingkat provinsi sehingga terjadi sinergitas organisasi yang saling mendukung dalam penanganan masalah-masalah kemanusiaan di Maluku secara umum dan di Kota Tual secara khusus.

Diakuinya, sebagai organisasi yang baru di bentuk dan di lantik sudah barang tentu masih banyak kekurangan-kekurangan namun Wali Kota yakin dan percaya kiranya para pengurus tetap menjaga semangat kemanusiaan seperti membangun hubungan yang baik dengan menjalankan tugas serta fungsinya sesuai dengan 7 prinsip dasar yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kemesraan, sebagaimana di atur dalam AD/ART.

Serta membangun kerjasama dan koordinasi dengan instansi yang terkait dalam lingkup Pemkot Tual serta instansi vertikal seperti TNI, Kepolisian, Basarnas, Organisasi pemuda, organisasi kemanusiaan dan atau semua pemangku kepentingan yang terkait sehingga PMI Kota Tual  dapat kerja dengan efektif dan efisien.

Lanjut Wali Kota, program prioritas yang akan di laksanakan adalah kegiatan diseminari tentang organisasi PMI kepada semua komponen masyarakat Kota Tual sehingga masyarakat bisa mengetahui bahwa kehadiran organisasi ini bisa menjawab tugas-tugas kemanusiaan.

"Jangan sampai setelah di lantik dan dikukuhkan tidak ada tindak  lanjut dan langkah-langkah kongkrit dalam penyelenggaraan organisasi PMI Kota Tual," tukasnya.

Pelantikan Pengurus PMI Kota Tual periode 2014 - 2019 dilakukan Ketua PMI Maluku John Ch. Ruhulessin, Senin (16/1).

(dp-20)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi