News Ticker

Menpora RI Resmi Buka PEPARNAS XV Jawa Barat

Pekan Paralympic Nasional (PEPARNAS) XV 2016 yang berlangsung di Bandung, Jawa barat secara resmi di buka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora) RI, Imam Nahrawi, Sabtu (15/10).
Share it:
Defile kontingen NPC Provinsi Maluku pada pembukaan PEPARNAS XV 2016 di Bandung Jawa Barat
Bandung, Dharapos com 
Pekan Paralympic Nasional (PEPARNAS) XV 2016 yang berlangsung di Bandung, Jawa barat secara resmi di buka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora) RI, Imam Nahrawi, Sabtu (15/10).

Acara pembukaan PEPARNAS XV di Stadion Siliwangi turut dihadiri Gubernur Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar serta Ketua NPC Nasional, bersama ribuan atlet NPC asal 33 Provinsi.

Menpora dalam sambutannya menyampaikan harapan Presiden RI Ir. Joko Widodo bahwa tidak boleh sedikit pun memandang sebelah mata atlet difabel karena mereka berjuang bersama-sama demi memberikan prestasi bagi Indonesia.

“Atlet NPC Indonesia telah mengharumkan nama Indonesia di ajang  pesta olahraga penyandang disabilitas dunia yaitu Paralympic Games 2016 yang berlangsung di Rio de Janeiro Brasil dan  memperoleh medali perunggu,” imbuhnya.

Menpora juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para Gubernur yang  sungguh-sungguh memberikan perhatian dengan penganggaran yang sama kepada atlet difabel dan atlet lain.

Selain itu juga, Pemerintah pusat memberikan perhatian yang sebesar-besarnya dan seluas luasnya melalui pemberian bonus.

Diantaranya, pasca usainya Asian Games di Singapura, Pempus memberikan bonus yang sama kepada atlet SEA Games dan atlet ASEAN Paragames dan fasilitasnya juga sama. Demikian pula atlet Olimpiade yang juga mendapatkan bonus, karena mereka dengan sungguh-sungguh mengibarkan bendera merah putih di depan negara-negara lain.

Kepada media, Menpora juga meminta untuk mengakomodir para atlet NPC dalam pemberitaan yang mendunia guna memacu motivasi mereka. Karena walaupun dengan keterbatasan fisik tapi mereka ingin tampil menjadi yang terbaik dengan prestasi yang gemilang

Tersulutnya api pada obor menandai resminya gelaran PEPARNAS XV 2016
“Dan menjadi semangat dan inspirasi bagi para atlet NPC bahwa keterbatasan bukan penghalang  untuk mereka meraih prestasi, serta memberi semangat dan motivasi bagi para atlet untuk berdiri bersama memberikan kehormatan dan kebanggaan yang sama kepada Indonesia,” imbuhnya.

Menpora berharap PEPARNAS XV Jawa Barat ini dapat dijadikan sebagai awal yang lebih baik untuk menuju SEA Games di Malaysia dan ASEAN Para Games Tahun 2018 mendatang.

“Mari jadikanlah PEPARNAS sebagai ajang silaturahmi dan sebagai ajang untuk mengukur sebuah prestasi dan sebagainya atau untuk menatap masa depan Indonesia,” harapnya.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan pada kesempatan yang sama juga mengharapkan agar penyelenggaraan PEPARNAS dapat berjalan dengan baik.

Pada ajang ini, Pemprov Jawa Barat menyiapkan sebanyak 3.437 personil  panitia  yang terdiri dari panitia inti dan daerah.

Kemudian panitia juga menyiapkan 29 hotel yang memiliki sarana dan prasarana  fasilitas khusus bagi atlet difabel di hotel bintang 3, 4 dan 5 di kota Bandung. Pada peparnas XV 2016 Jawa Barat ini juga Pemerintah provinsi Jawa Barat  menyiapkan 3.437 personil  panitia yang terdiri dari panitia inti dan panitia daerah.

Panitia juga menyiapkan 29 hotel yang memiliki sarana dan prasarana  fasilitas khusus bagi atlit difable di hotel bintang 3, 4 dan 5 di kota Bandung serta 6.318 SDM pendukung selain panitia sendiri.

Nantinya para atlet difabel akan mengikuti 605 pertandingan  dengan memperebutkan 605 medali emas 605 perunggu dan 605 medali perak.

Pembukaan ditandai dengan pembakaran kembang api oleh Menpora dan pembakaran obor oleh perwakilan kontingen.

(HAR)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi