News Ticker

Malra Kini Miliki Pasar Higienis

Bupati Maluku Tenggara Andreas Rentanubun telah meresmikan Pasar Higienis Langgur, Sabtu (15/10).
Share it:
Bupati Andreas Rentanubun saat melakukan pengguntingan pita menandai resminya Pasar Higienis Langgur
Langgur, Dharapos.com
Bupati Maluku Tenggara Andreas Rentanubun telah meresmikan Pasar Higienis Langgur, Sabtu (15/10).

Peresmian pasar yang pembangunannya telah menghabiskan dana Rp 4.5 Miliar lebih tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Malra, Theddy Welerubun, unsur TNI - Polri, pimpinan SKPD se Kabupaten Malra, toko agama dan masyarakat, serta para pedagang yang menempati pasar.

Saat, acara peresmian, berlangsung  Kepala Dinas Perindag Ir.L. Retraubun, MBA, MS.i dalam laporannya mengatakan upaya untuk membangun pasar Langgur, sebagai pasar yang sehat, dan bersih baik bagi pedagang maupun pembeli ( masyarakat ) sangat di butuhkan.

Hal ini mengingat Pasar Langgur sebagai Induk (pasar sentral) menjadi pusat perekonomian di daerah ini.

“Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan melakukan peningkatan kualitas sarana distribusi perdagangan dengan membangun sebuah Pasar Higienis dilokasi kawasan Pasar Langgur,” urainya.

Retraubun juga mengungkapkan proses pembangunan Pasar Higienis ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu pada tahap pertama  di tahun 2014 menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang perdagangan sebesar Rp. 1.623.200.000.-

Kemudian, pembangunan tahap kedua pada tahun 2015 juga menggunakan Dana DAK bidang perdagangan  sebesar Rp. 2.065.350.000,-

Dan pada tahapan ketiga menggunakan dana APBD Kabupaten Malara Tahun Anggaran 2016 sebesar Rp. 846.378.000,- sehingga total keseluruhan dana untuk pembangunan pasar Higienis Langgur Rp. 4.534.928.000,-

Retraubun menambahkan pembangunan dengan luas bangunan 1. 350 m2 (45 m x 30 m ) dengan
menggunakan struktur baja, pasar higienis ini diperuntukkan untuk para pedagang sayur, rempah – rempah, dan buah – buahan dengan daya tampung sebanyak ±240 pedagang.

Ia pun berharap dengan diresmikannya Pasar Higienis Langgur ini, dapat meningkatkan kesejahteraan para pedagang yang membutuhkan tempat berdagang yang nyaman dan layak serta juga memenuhi keinginan pembeli (masyarakat ) untuk menikmati pasar yang bersih dan sehat.

Peresmian Pasar Higienis Langgur ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Malra Andreas Rentanubun dan dimeriahkan kelompok tari – tarian dari para pedagang Pasar Langgur.

(dp-20)
Share it:

Ekonomi dan Bisnis

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi