News Ticker

Hari ini, Pesta Teluk Saumlaki Resmi Dibuka

Pemerintah Daerah Maluku Tenggara Barat secara resmi membuka seluruh rangkaian kegiatan menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten MTB yang ke-17, Jumat (14/10).
Share it:
 Plt. Sekretaris Daerah MTB mewakili Bupati saat membuka secara resmi Pesta Teluk Saumlaki
Saumlaki, Dharapos.com
Pemerintah Daerah Maluku Tenggara Barat secara resmi membuka seluruh rangkaian kegiatan menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten MTB yang ke-17, Jumat (14/10).

Serangkaian lomba yang disebut sebagai Pesta Teluk Saumlaki ini mengusung tema “Cinta Bahari, Cinta Negeriku”.

Acara pembukaan dilaksanakan Jumat (14/10) pagi mengambil lokasi di areal pelabuhan laut Saumlaki, dengan menghadirkan para perwakilan dari 6 kecamatan diantaranya Kecamatan Tanimbar Selatan, Wertamrian, Molu Maru, Nirunmas, Wuarlabobar dan Yaru.

Sementara 4 kecamatan lainnya seperti Selaru, Wermaktian, Kormomolin dan Tanimbar Utara tidak hadir.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi kreatif Kabupaten Maluku Tenggara Barat, M. Batlolona selaku ketua penitia pelaksana dalam laporannya mengatakan bahwa sebagai daerah kepulauan, MTB banyak memiliki potensi dan kekayaan alam khususnya kekayaan alam laut yang memiliki keunikan tersendiri.

Dengan demikian Pesta Teluk Saumlaki tahun ini memberikan semangat dan dorongan untuk tanggung jawab besar seluruh komponen masyarakat di daerah tersebut untuk menjaga, memelihara dan memanfaatkan kekayaan alam laut bagi kepentingan bersama.

“Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka memperingati HUT Kabupaten MTB yang ke-17 tahun 2016, namun di sisi lain juga, penyelenggaraan Pesta Teluk Saumlaki merupakan ajang promosi pariwisata daerah khususnya pariwisata bahari, sebagai urutan ke-3 dalam perolehan devisa maupun dari penyerapan tenaga kerja,” cetusnya.

Selain itu, event ini diharapkan dapat memperkenalkan, menggali dan mempromosikan potensi bahari kabupaten MTB, meningkatkan peran serta masyarakat dalam melestarikan budaya Tanimbar, serta memperkenalkan keunikan potensi wisata bahari sebagai tolak ukur kredibilitas bangsa dalam peran sebagai poros maritim dunia.

Dan, bertujuan pula untuk mendatangkan investor di kabupaten MTB dengan mengangkat dan mempromosikan daerah di tingkat nasional maupun internasional.

Pesta Teluk Saumlaki dilaksanakan dalam bentuk perlombaan yang diikuti oleh perwakilan dari  10 kecamatan serta masyarakat umum dengan sejumlah mata lomba seperti lomba perahu kumal, lomba pancing tradisional dengan jumlah peserta 122 orang, lomba perahu hias sebanyak 31 perahu, lomba voli pantai sebanyak 46 tim, lomba fotografi dan foto bawa laut sebanyak 45 orang fotografer, pemilihan tabweri dan batdare (pria dan wanita) Tanimbar 2016 sebanyak 15 pasang yang nantinya dikukuhkan sebagai duta wisata Tanimbar.

Salah satu perahu peserta lomba 
Kemudian juga parade laut sebagai bentuk dukungan dan rasa syukur masyarakat nelayan atas karunia alam laut yang sangat kaya, yang diberikan Tuhan kepada masyarakat Tanimbar.

“Disamping itu, dalam rangka HUT MTB, panitia merencanakan berbagai kegiatan antara lain karnaval budaya, lomba kuliner tradisional MTB, pameran pembangunan yang melibatkan seluruh SKPD,instansi vertikal, swasta,BUMN,BUMD, dan atraksi maupun hiburan rakyat berupa panggung hiburan dan pasar malam,” sambungnya lagi.

Sementara itu, Bupati Maluku Tenggara Barat, Bitsael Salfester Temmar dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Plt. Sekretaris Daerah MTB mengatakan potensi daerah MTB ini merupakan modal utama dalam pembangunan daerah dan harus benar-benar dikelola untuk kesejahteraan masyarakat melalui penyelenggaraan kepariwisataan yang ditujukan untuk meningkatkan PAD demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

“Yang terpenting dalam penyelenggaraan kepariwisataan tersebut adalah tetap memelihara kelestarian dan mendorong upaya peningkatan mutu lingkungan, serta obyek dan daya tarik wisata itu sendiri, juga nilai-nilai budaya daerah ke arah kemajuan, mempertinggi derajat kemanusiaan, guna memperkokoh jati diri demi terwujudnya tujuan pembangunan daerah,” lanjutnya.

Bupati akui bahwa dalam keterbatasan, Pemkab MTB terus berupaya untuk memperkenalkan potensi pariwisata yang dimiliki.

Untuk itu, dirinya menilai bahwa publikasi dan informasi pariwisata itu sangat penting, serta yang lebih penting lagi adalah kesiapan masyarakat untuk menerima dan mengelola potensi pariwisata yang ada.

Sehingga orang akan merasa nyaman saat berkunjung ke suatu wilayah bukan semata karena keindahan alam dan budayanya, melainkan kehangatan dan kedamaian yang terasa di lingkungan setempat.

“Kegiatan ini juga akan menjadi ajang bagi para pelaku usaha untuk turut serta mempromosikan karya-karya terbaik anak daerah, serta memberikan ruang untuk berbagi pengalaman,” tandas Bupati.

Pantauan Dhara Pos di lokasi kegiatan hari ini, pelaksanaan lomba perahu kumal dimeriahkan oleh 6 regu dari sejumlah kecamatan yang hadir.

Juara 1 diraih peserta dari kecamatan Nirunmas, juara 2 diraih Kecamatan Wertamrian, dan Kecamatan Yaru menempati peringkat ke-3.

Sementara, juara harapan 1 diraih peserta dari kecamatan Wuarlabobar.

Panitia pelaksana menginformasikan bahwa pembagian hadiah bagi para pemenang akan diberikan pada perayaan puncak HUT MTB yang ke-17, Senin (17/10).

(dp-18)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi