News Ticker

Bupati Temmar Ajak Warga Memulai PHBS Dari Rumah Sendiri

Sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah meluasnya sejumlah penyakit menular di lingkungan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat mencanangkan Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan melakukan serangkaian kegiatan pada beberapa lokasi di kota Saumlaki, ibukota Kabupaten Maluku Tenggara Barat, beum lama ini.
Share it:
Bupati Temmar saat melakukan pencanangkan
Gerakan Perilaku Hidup Sehat dan Bersih.
 
Saumlaki, Dharapos.com
Sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah meluasnya sejumlah penyakit menular di lingkungan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat mencanangkan Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan melakukan serangkaian kegiatan pada beberapa lokasi di kota Saumlaki, ibukota Kabupaten Maluku Tenggara Barat, beum lama ini.

Pencanangan PHBS ini merupakan program Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP dan KB) MTB dibawah pimpinan Ny. Blendy Souhoka,S.TTP bersama Kantor Kelurahan Saumlaki, dengan  melibatkan seluruh PNS di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten MTB.

Rangkaian kegiatan diawali dengan jalan pagi bersama, dengan starting awal dari lapangan upacara Kantor Bupati MTB, menyusuri Jalan Ir. Soekarno yang dipandu oleh Mobil Pusat Teknologi Informasi dan Komunitas (M-Pustika). Para peserta jalan pagi kemudian dibagi menjadi lima kelompok untuk membersihkan sampah dan kotoran di sepanjang jalan Ureyana, Jalan Kewarbotan, Kompleks BTN, Kampung Babar, dan Kompleks Gunung Nona khususnya warga masyarakat pada RW 05.

Sampah dan kotoran yang dipungut dari jalan kemudian dimasukkan ke dalam karung atau kantong plastik yang kemudian dikumpulkan pada salah satu tempat yang akan diangkut oleh mobil sampah untuk selanjutnya dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berlokasi di petuanan desa Lorulun kecamatan Wertamrian.

Bupati Drs. Bitzael S. Temmar saat membuka dengan resmi Kegiatan Pencanangan PHBS yang bertempat di Kompleks Gunung Nona RW 05, Kecamatan Tanimbar Selatan mengajak masyarakat untuk memahami lingkungan sebagai rumah yang nyaman bagi makluk hidup, dimana rumah makluk hidup termasuk manusia, tidak boleh dikotori oleh sampah-sampah akibat perilaku hidup manusia yang tidak sadar akan tanggung jawabnya dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, akan tetapi perlu dimulai dari dalam rumah. Hal ini menurut Temmar, akan sangat menciptakan kesehatan masyarakat yang baik.

“Dapur bersih kah seng, kamar mandi bersih ka seng, WC bersih ka seng,lingkungan sekitar bersih atau tidak? Tidak perlu jawab kepada saya, tetapi saya punya formula untuk kita indahkan rumah kita jangan mulai dari ruang tamu, tetapi mulai dari WC dan kamar mandi, karena dengan itu, semua bisa bersih,” pesan Bupati kepada warga masyarakat yang membanjiri lokasi kegiatan dengan dialek khas Maluku.

Bupati juga menyarankan kepada warga yang sering mengkandangkan hewan peliharaannya berupa Babi untuk dikandangkan pada lokasi-lokasi yang jauh dari pemukiman agar tidak menimbulkan bau tak sedap serta berdampak buruk bagi lingkungan.

Dirinya berjanji akan menyiapkan lahan dan modal usaha bagi warga yang ingin beternak babi. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat lalu diperagakannya bagi masyarakat.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk mulai menerapkan PHBS dari sekarang dimana selain menjaga kebersihan didalam rumah dan lingkungan, sangat diperhatikan kebersihan tubuh anggota keluarga dan perlunya mengkonsumsi makan dan minuman yang sehat,” himbaunya.

Dalam mendukung pencanangan PHBS tersebut, Pemda MTB dalam waktu dekat akan menambah tempat-tempat sampah yang akan di tempatkan di sejumlah tempat di kota Saumlaki dan sekitarnya untuk membiasakan masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, baik itu sampah sampah organik maupun non organik.

“Hari ini saya canangkan PHBS, dimana kita harus awali dari rumah kita, lalu kita ajak tetangga kita dan kita buat gerakan perilaku hidup bersih dan sehat. Kita akan lakukan hal yang sama hari ini di sekolah – sekolah, tempat-tempat umum dan kesehatan. Saya berharap pada tanggal 30 Nopember 2015 ini, semua manusia di MTB sudah berprilaku bersih dan sehat. Ayo, mari kita mulai dari sekarang. Saya sudah dengar keluhan masyarakat tadi, PDAM di bulan depan nanti saya tidak akan dengar lagi keluhan masyarakat tentang kekeringan air bersih,” tegas Bupati.

(dp-18)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi