News Ticker

Pangdam Tinjau Lokasi Pembangunan Makodam Papua Barat

Panglima Kodam XVII/Cendrawasih, Mayor Jenderal TNI. Fransen G. Siahaan, SE melaksanakan peninjauan ke lokasi pembangunan Kodam baru di Manokwari Papua Barat, Minggu (24/5).
Share it:
Papua, Dharapos.com
Panglima Kodam XVII/Cendrawasih, Mayor Jenderal TNI. Fransen G. Siahaan, SE melaksanakan peninjauan ke lokasi pembangunan Kodam baru di Manokwari Papua Barat, Minggu (24/5).

Pangdam saat meninjau lokasi Makodam Papua Barat
Sebelumnya, sesuai dengan janjinya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan membangun satu Kodam lagi di Papua Barat yang akan membawahi Korem-Korem yang berada di wilayah Papua Barat.

Untuk pembangunan kantor Kodam di Papua Barat berlokasi di Arfai Manokwari dengan luas tanah sekitar 24.7 Ha dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo melaksanakan kunjungan ke Papua Barat sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kodam baru ini dan diharapkan akhir tahun 2015 sudah rampung.

“Kodam baru ini akan diberikan nama Kodam XVIII/Kasuari namun dari senior kita para pejuang yang
berada di Papua Barat meminta agar Kodam nantinya diberi nama Kodam Trikora dan diharapkan sebagai Panglima pertama nantinya adalah putra daerah asli Papua,” terangnya

Saat ini, kata Pangdam, sudah ada dua putra Papua yang menjadi Jenderal dan satu orang Kolonel.

Lebih lanjut, terang dia, pihaknya sudah mengatur persiapan personil-personil dari Kodam XVII/Cenderawasih yang akan bertugas di Kodam baru Papua Barat dimana saat ini pembangunan gedung markas Kodam sudah dilaksanakan.

“Nantinya Kodam ini akan membawahi Korem 171/PVT dan Korem 173/PVB, dengan sendirinya kelengkapan-kelengkapan lain seperti Kodim dan Koramil akan menyesuaikan mengikuti pembentukan Kodam baru ini,” katanya.

Berdasarkan data yang diperoleh, lokasi pembangunan Kodam baru ini menempati kompi C dan D, karena lokasinya berdekatan dengan gedung Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat.
Selanjutnya Kompi akan dialihkan menempati lokasi baru di Distrik Warmare, Kabupaten Manokwari.

(dp-30)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi