News Ticker

Jelang HUT Pattimura, IKEMAL Papua Laksanakan Kegiatan Sosial

Dalam rangka memperingati HUT Pattimura ke 198 tahun 2015, IKEMAL Papua telah membentuk panitia yang terdiri dari pengurus Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) provinsi , Kota Jayapura, kabupaten Jayapura dan kabupaten Keerom yang mewakili seluruh basudara di tanah Papua.
Share it:
Jayapura, Dharapos.com
Dalam rangka memperingati HUT Pattimura ke 198 tahun 2015, IKEMAL Papua telah membentuk panitia yang terdiri dari pengurus Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) provinsi , Kota Jayapura, kabupaten Jayapura dan kabupaten Keerom yang mewakili seluruh basudara di tanah Papua.

Ketua dan pengurus IKEMAL Papua
Demikian disampaikan Ketua IKEMAL) Papua Drs. Eliya I. Loupatty, MM kepada Dharapos.com usai rapat jelang perayaan HUT Pattimura, di aula Dinas Perkebunan Provinsi Papua, Kamis (24/4).

“Sebelum hari H akan dilaksanakan serangkaian kegiatan di bidang seni dan olahraga tapi juga bakti sosial dalam bentuk pengobatan massal dan pemutaran film untuk sebagian saudara kita yang ada di tanah Papua,” paparnya.

Untuk kegiatan tersebut telah dipilih dua lokasi di dua wilayah masing-masing kabupaten Jayapura dan kabupaten Sarmi.

“Sebagai ketua umum, saya mengajak semua basudara orang Maluku di tanah Papua untuk bangkit
bersama demi menyongsong perayaan Pattimura tahun 2015, serta tingkatkan persaudaraan dan persatuan sebagai anak Maluku,” ajaknya.

Loupatty juga berpesan agar menjelang perayaan Pattimura masyarakat Maluku tetap menjalankan profesi dengan baik serta ciptakan kondisi yang aman.

“Karena moyang kita juga hadir di tanah Papua untuk menghadirkan damai sejahtera dan meningkatkan persatuan dengan warga yang ada di tanah Papua. Dan juga bergerak di bidang pendidikan dan kesehatan serta keagamaan,” pesannya.

Karena sebagai Pattimura muda penerus cita-cita Pattimura sekaligus meneruskan cita-cita Moyang dari Maluku yang pernah hadir di tanah Papua.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia perayaan HUT Pattimura, Ir. Jhon.  Nahumury, MM menambahkan untuk rapat tersebut telah dilakukan sebanyak 3 kali dan setiap program serta kegiatannya telah dipercayakan untuk setiap seksi.

“Sehingga sampai saat ini kesiapan panitia telah mencapai 80 persen dan puncak perayaan nanti pada tanggal 15 dan 16 Mei 2015. Untuk teknis pelaksanaan semuanya telah dibicarakan pada rapat tadi,” tambahnya.

Dikatakan juga, melalui perayaan tersebut diharapkan hubungan ikatan tali persaudaraan di antara sesama basudara Maluku dapat terjalin dengan baik dan bukan sampai di situ saja akan tetapi terus berlangsung.

Wakil Ketua Panitia HUT Pattimura yang ke 198, DR. Ferdinan Risamasu, M.Sc memaparkan untuk perjalanan obor Pattimura yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Mei malam.

“Obor Pattimura ini melambangkan semangat dan jati diri dari seorang Pattimura yang menyala-nyala membakar semangat kaum muda Maluku yang luar biasa,” cetusnya.

Ditambahkan, obor tersebut akan dinyalakan pada tanggal 14 Mei tepat pukul 19.00 WIT di Gunung Merah Sentani, kabupaten Jayapura dan akan melewati 10 etape dari titik Gunung Merah sampai ke kantor Gubernur Papua pada pukul 24.00 WIT dan akan diupacarakan di halaman upacara kantor Gubernur.

“Untuk pembawa obor Pattimura sendiri akan melibatkan anak-anak Maluku dari TNI dan POLRI,” tutupnya.

Dalam rapat tersebut turut hadir, Sekretaris Panitia HUT Pattimura, Jakobus Rahail, dan Seksi Usaha Dana, Sherly Sitaniapessy serta sejumlah pengurus lainnya.   
 
(Harlet)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi