News Ticker

Musrembang Kota Jayapura Prioritaskan Program Strategis

Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kota Jayapura tahun 2015 yang dilaksanakan selama dua hari resmi berakhir.
Share it:
Penutupan Musrenbang Kota Jayapura
Jayapura, Dharapos.com
Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kota Jayapura tahun 2015 yang dilaksanakan selama dua hari resmi berakhir.

Implementasi amanat Undang Undang nomor 25 tahun 2004 melalui Musrenbang tingkat kampung/Kelurahan dan Distrik sampai ke tingkat kota adalah dalam rangka kompilasi berbagai  program dan kegiatan strategis yang diusulkan dari Musrenbang tingkat Kampung/Kelurahan, Distrik serta reses DPRD kota Jayapura dan usulan SKPD yang dikaji dan dibahas melalui masing-masing bidang.

Berdasarkan hasil pemaparan narasumber dari Bappeda Provinsi Papua dan Pemerintah kota Jayapura serta arahan program strategis Walikota Jayapura, hasil yang dicapai pada Musrenbang tersebut di sampaikan dalam empat bidang

Ke empatnya masing-masing bidang Sarpas dengan hasil pembahasan 191 program dengan anggaran Rp.2.280.714.203.000,- bidang Ekonomi hasil pembahasan 129 program dengan jumlah anggaran Rp.12.832.000.000,- bidang Sosial Budaya hasil pembahasan program 308 dengan jumlah anggaran Rp.127.865.682.215,- dan bidang Pemerintahan Umum hasil pembahasan 151 program dengan jumlah anggaran Rp.93.792.392.500,-

Dengan demikian, program dan kegiatan yang sepakati melalui hasil pembahasan bidang sebanyak 779 program dengan jumlah anggaran Rp.1.515.231.277.715,-

Hasil dari Musrembang tersebut akan dilanjutkan di tingkat provinsi dan tingkat Nasional nanti.
Musrembang yang berlangsung di Gedung Serbaguna Sian Soor Kota Jayapura tersebut resmi ditutup oleh Sekertaris Kota Jayapura, R. D. Siahaya, Rabu (25/3).

Walikota, Dr. Benhur Tommi Mano,MM dalam sambutannya yang dibacakan Sekkot Jayapura mengatakan program dan kegiatan yang telah disepakati dalam proses pembahasan bidang-bidang maupun pleno adalah untuk menentukan urutan prioritas program dan kegiatan pembangunan pro Rakyat yang telah dilaksanakan masing-masing SKPD, kepala Distrik, Lurah dan Kepala Kampung di lingkup Pemerin tah kota Jayapura.

“Apa yang telah dicapai agar tidak sebatas hasil kesimpulan, diskusi dan nota kesepakatan semata,namun harus benar-benar dapat ditindaklanjuti dengan komitmen yang konkret,” cetusnya.

Melalui forum tersebut, maka program dan kegiatan yang diusulkan baik dari SKPD, Kampung, Kelurahan, Distrik serta usulan reses DPRD kota Jayapura baru disandingkan dan dibahas oleh masing-masing bidang.

Hasil yang telah disepakati melalui program dan kegiatan prioritas yang telah dibahas dalam rangka mewujudkan sasaran dan prioritas pembangunan yang pro rakyat dari berbagai sektor teristimewa lima program prioritas yakni bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, bidang ekonomi kerakyatan dan tata kelola pemerintah yang bersih,transparan dan berwibawa.

“Musrenbang kali ini merupakan yang terakhir dalam mengawal visi dan misi Pemerintah kota Jayapura pada periode 2012-2016,” sambung Walikota.

Sehingga diharapkan agar dalam penganggaran dan perencanaan haruslah diprioritaskan pada program strategis yaitu pembangunan jembatan Hamadi-Holtekamp, pembangunan pasar Regional Youtefa, pembangunan RSUD Koya Barat, pembangunan jembatan kampung Moso, dan pembangunan terminal tipe A dan B serta lima program prioritas dalam rangka mendorong percepatan pembangunan dari berbagai aspek.

Penutupan tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara serta penyerahan hasil Musrenbang dari peserta kepada Walikota yang di wakili oleh Sekkot Jayapura.
 
(Harlet)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi