News Ticker

Kainama Sosialisasi Mangente Ambon 2015 di Kota Jayapura

Dalam rangka baku dapa orang Maluku seluruh dunia di kota Ambon maka Pemerintah kota Ambon melaksanakan Sosialisasi “Mangente Ambon 2015” yang dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia. Salah satunya adalah di kota Jayapura, ibukota Provinsi Papua.
Share it:
Sosialisasi Mangente Ambon di Jayapura
Jayapura,Dharapos.com
Dalam rangka baku dapa orang Maluku seluruh dunia di kota Ambon maka Pemerintah kota Ambon melaksanakan Sosialisasi “Mangente Ambon 2015” yang dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia.
Salah satunya adalah di kota Jayapura, ibukota Provinsi Papua.

Sosialisasi yang berlangsung di gedung Serbaguna Sian Soor kantor Walikota Jayapura, disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Beni Kainama bersama Sekretaris Dinas Drs. J. Manuputi, M.Pd dan ketua Dharma Wanita Disdik kota Ambon, Ny. Lin Poceratu.

Acara sosialisasi tersebut di hadiri oleh seluruh pengurus Ikatan Keluarag Maluku (IKEMAL) Pusat Papua, Ketua IKEMAL kabupaten Lanny Jaya, dan Ketua IKEMAL kota Jayapura, Bob Patipawae.

“Hari ini (Jumat-red)  final sosialisasi di semua provinsi di Indonesia untuk mengenal kota Ambon Provinsi Maluku kepada anak cucu, orang Maluku di seluruh dunia,” ungkap Kainama dihadapkan para peserta sosialisasi.

Sasaran utama Mangente kota Ambon adalah untuk mengumpulkan seluruh potensi masyarakat,dan cendekiawan Maluku di dalam maupun di luar Ambon untuk berpartisipasi dan memberikan dukungan dalam mewujudkan Program Ambon Manise 2025.

“Kota Ambon sudah ditargetkan akan menjadi kota pariwisata, kota pendidikan, budaya dan pusat kesehatan. Selain itu untuk mencanangkan kota Ambon 2015 sebagai tahun kunjungan wisata kota Ambon,” paparnya.

Direncanakan, Mangente kota Ambon akan dihadiri seluruh orang Maluku dari belahan dunia, yang juga akan disuguhkan dengan berbagai even yang ada di kota Ambon.

“Tanggal 7 September akan ditetapkan juga sebagai tanggal reuni akbar yang merupakan puncak
Mangente Ambon 2015, dan akan dihadiri oleh seluruh orang Maluku di Ambon dan luar Ambon. Selain itu, untuk mengembalikan citra Ambon Manise sebagai kota wisata yang aman,indah,nyaman dan harmonis. Kegiatan tersebut akan dimulai bulan Maret ini,” cetusnya.

Tim yang di pimpin orang nomor satu di Dinas Pendidikan kota Ambon ini juga mengapresiasi jamuan yang dilakukan IKEMAL Papua.

Sementara itu, Sekda Kota Jayapura, R.D. Siahaya yang juga Sekum IKEMAL Papua kepada Dharapos.com mengapresiasi sosialisasi Mangente Ambon untuk anak-anak Maluku di tanah Papua yang dilaksanakan di kota Jayapura.

“Setelah melihat film yang diputarkan, tentang peristiwa yang terjadi di Ambon, sesungguhnya menjadi sebuah momen yang menarik yang patut diikuti oleh seluruh anak Maluku yang tersebar di seluruh Nusantara Indonesia ini,” tandasnya.

Sebagai pengurus IKEMAL Maluku di tanah Papua, dirinya menghimbau kepada seluruh anak Maluku yang ada di tanah ini untuk bisa menangkap momen tersebut dan pulang ke Ambon untuk memberikan spirit yang baru agar bagaimana Ambon bisa maju dan membangun Indonesia secara utuh.

“Kami telah dibentuk panitia untuk menyukseskan Mangente Ambon 2015 dan sebagai anak Maluku yang ada di Papua ketika pulang pada momen tersebut maka kita juga akan membawa jati diri kita, dengan menampilkan potensi budaya Papua di Ambon nanti,” pungkas Siahaya.

Kadis Pendidikan kota Ambon, Beni Kainama kepada Dharapos.com usai melakukan sosialisasi mengatakan, sosialisasi yang dilakukan adalah agar masyarakat Maluku yang berada di Papua dapat memberikan kontribusi kepada kota Ambon dengan turut mengambil bagian dalam momen pulang Mangente Ambon.

“Dan pulang untuk berdoa dalam pengembangan Ambon yang baru, Ambon yang kita harapkan berkembang sebagai kota pendidikan, kota yang tingkat kesehatannya baik, kota pariwisata dimana berkembang semua nilai budaya,” paparnya.

Dikatakan pula, anak-anak Maluku yang tersebar di seluruh Nusantara memberikan dukungan untuk moment tersebut dan ini dapat dilihat sebagai awalnya bangkit kota Ambon.

“Diharapkan agar orang Ambon harus bersatu dan komitmen membangun negerinya agar Ambon yang kita harapkan dan mimpi kita untuk pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan kota sebagai kota internasional,” kata dia.

Di kesempatan yang sama, Sekda Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait, ST, M.Si kepada
Dharapos.com mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi Mangente Ambon 2015 yang di prakarsai oleh Walikota Ambon,Richard Louhenapessy,SH yang dengan susah payah mengirim timnya ke Papua dan beberapa kota lain di Indonesia untuk menyampaikan informasi wisata sepanjang tahun 2015 yang di mulai dari bulan Januari sampai Desember Christmas Mangente,” ujarnya.

“Sebagai Ketua IKEMAL se Pegunungan Tengah, Papua, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku yang ada di pegunungan Tengah dan Wamena agar mengambil momen Mangente ini dengan baik sehingga dapat memberikan kontribusi kepada negeri dan kampung halaman kita semua yakni Ambon Manise,” himbaunya.

Walau tanah kelahiranya di pegunungan tengah Papua, namun laki-laki berdarah Alang, kabupaten Maluku Tengah ini sangat mencintai kota Ambon dan Maluku pada umumnya.

Usai melakukan sosialisasi Kadisdik kota Ambon menyerahkan buku Mangente Ambon kepada IKEMAL Papua yang di terima langsung oleh Sekum IKEMAL Papua, R.D.Siahaya, dan ditutup dengan menyanyi lagu gandong.
 
(Harlet)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi