News Ticker

Dishut Provinsi Papua Terus Operasi Arang Kayu Soang

Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kehutanan terus melakukan operasi Arang kayu Soang secara berkala, agar tidak terjadi penebangan liar di hutan Papua khususnya Kota Jayapura.
Share it:
Hutan Papua
Papua, Dharapos.com
Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kehutanan terus melakukan operasi Arang kayu Soang secara berkala, agar tidak terjadi penebangan liar di hutan Papua khususnya Kota Jayapura.

Kepala Dinas kehutanan Provinsi Papua Yan Ormuseray menegaskan operasi gabungan terhadap arang kayu soang ini dilakukan oleh Dinas Kehutanan bersama Balai Besar KSDA, SPORS, Satpol PP serta instansi terkait lainnya.

“Tim operasi secara rutin turun, kemarin baru Januari turun, itu operasi gabungan yang dilakukan Dinas Kehutanan bersama balai Besar KSDA, SPORS, Satpol PP juga LSM-LSM dan masayarakat mitra Polhut,” ungkapnya kepada wartawan di kawasan Angkasa pada Senin (9/2) siang.

Dari hasil operasi yang pernah dilakukan, lanjut Yan, tim berhasil menyita Arang yang dibuat menggunakan bahan dasar Kayu Soang. “Hasil operasi banyak sekali, saat ini yang ada sudah disita dan ada di gudang Dinas Kehutanan itu ada 300an karung dan ada juga kayu-kayu tiang yang disita,” katanya.

Hanya saja upaya untuk menyelamatkan Kayu Soang dari aksi penebangan dikatakan Yan tidak akan bisa maksimal jika tidak ada dukungan dari pihak-pihak lain yang terlibat, terutama mereka yang berstatus sebagai pengguna.

“Operasi kita lakukan operasi arang kayu soang terus menerus dan sesungguhnya kita harapkan kesadaran dari para pemilik restoran yang ada Ikan Bakar, Sate dan lain-lain untuk tidak lagi menerima arang kayu Soang,” tegas Yan.

Untuk itu, diharapkan pembuat arang dari kaya soang akan berhenti karena tidak ada lagi pembeli.

“Para pengusaha ikan bakar dan sate diminta t menggunakan arang tempurung atau bahan baku lain, sehingga tidak menggunakan kayu Soang,” ungkapnya.

(Piet)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi