News Ticker

Pembentukan Pansus 14 Kursi DPR Papua Tunggu Gubernur

Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Papua Elvis Tabuni, SE mengatakan agenda kerja dan prioritas utama Komisi I DPR Papua yaitu segera dilakukan perekrutan, pengangkatan dan pelantikan 14 kursi Otsus DPR Papua sesuai yang diamanatkan dalam UU Otsus Papua.
Share it:
Papua, Dharapos.com
Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Papua Elvis Tabuni, SE mengatakan agenda kerja dan prioritas utama Komisi I DPR Papua yaitu segera dilakukan perekrutan, pengangkatan dan pelantikan 14 kursi Otsus DPR Papua sesuai yang diamanatkan dalam UU Otsus Papua.

Elvis Tabuni, SE
Dikatakan politisi partai Gerindra itu, pihak DPRP meminta segera kepada Gubernur Papua untuk membuat penomoran dan pengundangan Perdasus tentang 14 Kursi otsus DPR Papua karena DPR Papua periode 2009-2014 sudah menetapkan Perdasi dan Perdasus tentang 14 kursi itu pada bulan Oktober 2014 lalu.

“Jadi, kami sudah siap tinggal menunggu surat dari Gubernur tentang penomoran dan pengundangan setelah itu kami DPR Papua akan bentuk Pansus  kemudian bentuk panitia seleksi untuk merekrut 14 kursi otsus dari 5 wilayah adat di Provinsi Papua,” terang Elvis yang didampingi anggota Komisi di ruang kerjanya, Rabu (14/1)

Ditegaskannya, Komisi I DPRP yang membidangi Pemerintahan Hukum dan HAM ini terus memperjuangkan 14 Kursi DPRP yang diangkat dari 5 wilayah adat di Provinsi Papua untuk segera dilantik dalam waktu dekat.

“Di Papua Barat saja 11 kursi Otsus sudah mau dilantik sementara Papua ini adalah Provinsi induk baru Papua Barat anaknya dari Provinsi Papua sudah melahirkan 11 kursi Otsus DPR Papua Barat kenapa Provinsi induknya terlambat,”tanya Elvis.

Pihaknya juga sudah menyiapkan surat ke setiap Komis-komisi yang ada di DPR Papua dan setiap komisi di wakilkan 1 orang serta perwakilan dari fraksi 2 orang untuk membentuk Pansus 14 kursi otsu di DPR Papua.

Selain itu, lanjut Elvis, pihaknya telah  memberikan mandat kepada Wakil Ketua Komisi I DPRP  dan kepala Bidang Pemerintahan untuk melakukan hearing dengar pendapat dengan Majelis Rakyat Papua (MRP) supaya semua miss komunikasi serta koordinasi bisa berjalan dengan baik.

“Kami tidak bisa abaikan MRP karena mereka sudah melahirkan dan mereka sudah mengajukan jadi itu sejauh mana dan kita sudah koordinasikan dengan DPRP supaya semua bisa berjalan lancar dan aman,” ujarnya.

Dikatakannya, masyarakat Papua selalu bertanya kepada Komisi I DPR Papua bahwa kapan dan hari
apa dilakukan perekrutan, pengangkatan dan pelantikan 14 kursi anggota DPR Papua perwakilan 5 wilayah adat, namun semuanya itu menunggu surat dari Gubernur Papua.

“Kalau 14 kursi ini berhasil,  otonomi khusus juga berhasil karena Mendagri dan Pemerintah Pusat mengharapkan 14 kursi DPR Papua yang berasal dari Otsus itu ditetapkan dan dilantik,”terang Elvis.

(Piet)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi