News Ticker

SMAN 3 Kota Jayapura Raih Peringkat I Nasional

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Kota Jayapura merupakan satu dari dua sekolah selain SMKN 6 yang ditunjuk mewakili Provinsi Papua berdasarkan penilaian Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menengah Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2014.
Share it:
Dr. Robert J. Betaubun, S.Pd, MM
Papua, Dharapos.com 
Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Kota Jayapura merupakan satu dari dua sekolah selain SMKN 6 yang ditunjuk mewakili Provinsi Papua berdasarkan penilaian Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menengah Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2014.

SMAN 3 mengikuti Program Benchmarking, Networking dan Kerjasama Kepala Sekolah Pendidikan Menengah beserta Kepala Sekolah Internasional yang ada di Indonesia dan 200 sekolah se-Indonesia yang ditunjuk oleh pihak Kementerian.

SMAN 3 dan SMKN 6 Kota Jayapura langsung bergabung bersama tiga Sekolah bertaraf  Internasional yaitu SMA Jubele India, SMA Karisma Bangsa dan SMK Negeri 78 Jakarta.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Dr. Robert Johan Betaubun, S.Pd, MM, Rabu (12/11) kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya mengatakan Program Benchmarking dan Networking tersebut di ikuti oleh dua sekolah di kota Jayapura sebagai piloting untuk Papua yakni SMAN 3 dan SMKN 6.

Kegiatan tersebut di launcing oleh Betaubun pada tanggal 06 Agustus 2014 yang saat itu langsung melepas kepala SMAN 3 dan kepala SMKN 6 beserta dewan guru ke sekolah-sekolah yang bertaraf Internasional di jakarta untuk menyusun Action Plan, dan setelah itu dipresentasikan di depan 200 sekolah bertaraf Internasional seluruh Indonesia.

“Dari hasil presentasi tersebut, SMAN 3 kota Jayapura berhasil meraih  peringkat I seluruh Indonesia, dan ini adalah merupakan sebuah prestasi yang luar biasa yang telah diraih mulai dari sisi persaingan sampai pada persiapan penyusunan Action Plan sekolah-sekolah bertaraf Internasional,” ungkap Betaubun

Kriteria penilaian, lanjut dia, sesuai apa yang telah di tetapkan oleh Kemendikbud RI yaitu rencana aksi dalam manajemen (Action plan) pengelolaan satuan pendidikan yang bertaraf Internasional.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SMAN 3 Kota Jayapura, Paulus Gandegbual, S.Pd, MM menjelaskan Program Benchmarking, Networking yang di canangkan oleh Kemendikbud RI adalah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

“Dan dalam program tersebut, SMAN 3 dan SMKN 6 Kota Jayapura di anggap layak oleh Dinas Pendidikan Kota Jayapura untuk ikut program dimaksud,” jelasnya.

Tujuan kedua sekolah kota Jayapura untuk belajar di 3 sekolah Internasional tersebut yaitu ada beberapa hal pokok, yakni sistem Learning, sistim SKS yang ada kaitannya dengan kurikulum 2013, sistim dan manajemen sekolah serta hal khusus mengenai program Olimpiade. dan hal yang mengenai Boarding School.

Atas jerih paya yang dilakukan, akhirnya SMAN 3 berhasil meraih peringkat I seluruh Indonesia. Dan sebagai penghargaan, SMAN 3 Kota Jayapura berhak meraih hadiah uang sebesar 13 juta rupiah.
(Harley)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi