News Ticker

Pemprov Maluku Gelar Syukuran HUT Koperasi Ke 67

Pemerintah Provinsi Maluku melaksanakan syukuran Hari Ulang Tahun Koperasi ke – 67 untuk tingkat provinsi, Rabu (16/7).
Share it:
Ir. Said Assagaff
Ambon, 
Pemerintah Provinsi Maluku melaksanakan syukuran Hari Ulang Tahun Koperasi ke – 67 untuk tingkat provinsi, Rabu (16/7).

Acara yang di pusatkan di Tribun lapangan Merdeka di hadiri Pangdam XVI Pattimura, Kapolda Maluku,Wakil Walikota Ambon,tokoh-tokoh agama, serta para pimpinan SKPD di lingkup Pemprov Maluku. Selain itu, turut hadir para pelaku UKM, serta pengurus koperasi.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM), Syarifudin Hasan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan, Gubernur Maluku, Ir.Said Assagaff, mengatakan Koperasi telah dirintis dan diperjuangkan oleh para tokoh dan pejuang koperasi RI melalui Kongres Koperasi I pada 12 jJuli 1947.

“Dengan syukuran peringatan tersebut maka akan memberikan semangat yang lebih besar bagi pertumbuhan dan perkembangan koperasi di tanah air,” katanya.

Menteri juga mengajak semua pihak, dalam usia Koperasi yang ke – 67 dapat dimaknai sebagai tahun kesiapan Koperasi menuju daya saing global dalam rangka peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan anggota dan masyarakat.

“Melalui Koperasi, rakyat optimis dapat menggantungkan harapanya dengan meraih keadilan dan pemerataan kesejahteraan. Pemerintah melalui kebijakan –kebijakan dan regulasinya terus mendorong koperasi menjadi koperasi berskala besar di tingkat nasional, regional dan global,” terangnya.

Memasuki tahun ke–5, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional ke-3,tahun 2009 – 2014 yang merupakan tahun terakhir masa kerja kabinet Indonesia bersatu jilid II, lanjut Menteri, kita menyaksikan bahwa secara kuantitas dan kualitas, Koperasi terus berkembang pesat. Bahkan pada tahun 2009, jumlah Koperasi Indonesia sebanyak 170.411 unit dan hingga 2013 telah mencapai 203.701 unit dengan jumlah anggota sebanyak 35. 258.176 orang.

Peningkatan jumlah koperasi tersebut, tambah Menteri, di dukung dengan upaya peningkatan kualitasnya, melakukan berbagai program pemberdayaan. Koperasi yang sinergi dengan program-program gerakan koperasi yaitu Dewan Koperasi Indonesia antara lain melalui gerakan masyarakat sadar koperasi.

Dalam kesempatan yang sama pula, Menteri mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang menjadikan Koperasi sebagai badan usaha untuk mensejahterakan rakyat.

“Perkembangan tersebut tentu saja sangat membanggakan dan selaras dengan cita-cita kita untuk menjadikan Koperasi Indonesia menjadi koperasi skala besar baik tingkat nasional, regional maupun tingkat internasional,” tutupnya. (HRZ)
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi