News Ticker

Hasil Tambang di Bursel dilirik 24 Investor

maluku, buru selatan, pembangunan
Share it:

Kabupaten Buru Selatan yang baru saja mekar sekitar 5 tahun dari kabupaten ini memiliki prospek tambang logam yang sangat menjanjikan, hal ini dapat dibuktikan dengan banyak investor yang mulai melirik daerah ini.

Betapa tidak, hingga akhir tahun 2013 sudah sekitar 24 investor dari berbagai negara telah melayangkan surat untuk melakukan eskplorasi di daerah yang berjuluk Lolik Lalan Fedak Fena tersebut, penegasan ini disampaikan Tagop Soulisa, Bupati Buru Selatan kepada pers di Ambon, (23/01).

Puluhan investor ini lanjut Soulissa akan melakukan eksplorasi terhadap berbagai hasil tambang yang ada di Kabupaten tersebut. “Mereka (para investor-red) sudah melakukan penelitian di lapangan terhadap potensi-potensi hasil tambang yang ada di Bursel, dari hasil penelitian itu menunjukan potensi tambang di Bursel sangat menjanjikan,” paparnya.

Menyangkut penetapan Wilayah Pertambangan (WP), Soulisa katakan bahwa sudah ada keputusan yang dikeluarkan oleh Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) dan Kabupaten Buru Selatan termasuk salah satu daerah di Maluku yang mendapat ijin tersebut.

Soulisa mengaku, sesuai dengan WP yang ada, pihaknya akan menyerahkan kepada investor yang mau masuk untuk melakukan eksplorasi, namun tentunya itu melalui tahapan-tahaan yang ada.

Walaupun sudah penetapan WP, lanjut Soulissa, namun pada kawasan-kawasan yang menjadi kawasan hutan produksi itu harus dialihkan fungsi lahan. “Kita tidak mau ada lahan-lahan yang menjadi kawasan produski, sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari,”pungkasnya. (***)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi