News Ticker

Kantah Tanimbar Tanam Pohon Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, turut terlibat dalam aksi penanaman 100.000 pohon secara serentak se-Indonesia yang d
Share it:
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Johan Sampe.

Saumlaki, Dharapos.com - Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, turut terlibat dalam aksi penanaman 100.000 pohon secara serentak se-Indonesia yang dilaksanakan oleh Kementerian ATR/BPN dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Rabu,(5/6/2024).

Kegiatan yang diagendakan setiap tahunnya oleh Kementerian ATR/BPN ini terpusat di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat yang dipimpin langsung oleh Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Kegiatan ini diikuti secara virtual oleh seluruh Kantah Wilayah, dan Kabupaten Kota se Indonesia. 

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Johan Sampe beserta seluruh pegawai mengikuti kegiatan tersebut secara virtual. 

Setelah itu, mereka melakukan penanaman secara simbolis 100 anakan pohon di desa Sifnana, kecamatan Tanimbar Selatan. 

Secara simbolis, Kakantah bersama para pejabat pengawas melakukan penanaman anakan pohon tersebut yang telah disediakan. 

"Pada kegiatan ini, Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Tanimbar melakukan  penanaman pohon kayu jati dan pohon kayu besi sebanyak 100 pohon," katanya.

Johan Sampe menyatakan,  aksi ini menandakan bahwa Kementerian ATR/BPN bersama jajaran di seluruh Indonesia turut berkontribusi untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. 

Pesan Menteri ATR/BPN 

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono dalam sambutannya menyatakan, setiap tanggal 5 Juni bangsa-bangsa sedunia memperingati Hari Lingkungan Hidup dan tentu Indonesia ingin selalu menjadi, bukan hanya sebagai warga dunia yang bertanggung jawab tetapi juga menjadi champion, salah satu juara dalam urusan pelestarian lingkungan hidup.

Dikatakan, Kementerian ATR/BPN sebagai salah satu elemen penting dari pemerintahan juga turut menghadirkan solusi dalam semangat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

"Ini kita galakkan, kita lakukan secara serentak penanaman 100 ribu pohon seluruh Indonesia dan ini mudah-mudahan bisa berkontribusi pada lingkungan hidup kita," ujar Menteri AHY.

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono

Tak hanya simbolis, penanaman pohon ini juga diharapkan menjadi aksi nyata yang dapat bermanfaat bukan hanya sekadar mengindahkan, tetapi memiliki nilai ekonomi dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Termasuk yang kita tanam adalah mahoni yang kita kenal sebagai salah satu jenis tanaman yang sangat efektif untuk menyerap kembali karbon yang terlepas ke udara," ucap AHY.

Atas kontribusi terhadap lingkungan, AHY mengapresiasi kerja keras seluruh jajarannya. Dia berterima kasih kepada jajarannya karena ditengah kesibukan, mereka selalu menyempatkan diri untuk melestarikan lingkungan. 

Pada prinsipnya, AHY menyatakan Kementerian ATR/BPN siap mendukung segala kebijakan Presiden dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan ekonomi hijau. Di antara bentuk dukungannya adalah dengan melakukan perbaikan regulasi terkait perdagangan karbon dan penataan ruang yang berkelanjutan.

(dp-18).

Share it:

Kantor Pertanahan Tanimbar

Lingkungan Hidup

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi