News Ticker

Siap Bertarung di Pilkada SBB 2024, Ini Visi Misi Turaya Samal

Turaya Samal menyatakan siap bertarung pada Pilkada serentak 2024 sebagai Calon Kepala Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).
Share it:

Bakal calon Bupati Turaya Samal menyatakan siap bertarung pada Pilkada serentak 2024 sebagai Calon Kepala Daerah SBB

Ambon, Dharapos.com
- Turaya Samal menyatakan siap bertarung pada Pilkada serentak 2024 sebagai Calon Kepala Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Pernyataan ini ia sampaikan kepada Wartawan, usai mengikuti Pendalaman Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten/Kota yang digelar DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Maluku di, Ambon, Rabu (5/6/2024).

"Saya siap untuk bertarung besok di Pilkada 2024 sebagai calon Kepala Daerah Kabupaten Seram Bagian Baru (SBB)," ungkap Samal.

Dikatakan, sebagai kader PKS yang mendapat dorongan untuk maju dalam pilkada 2024, patut menghargai mekanisme yang diatur oleh partai.

Baik itu dimulai dari tahapan pendaftaran sampai tahapan pendalaman yang dilakukan oleh partai karena ada banyak calon yang mendaftar.

"Alhamdulilah saya juga mendapat dukungan yang baik dari Partai. Sebagai Kader yah patut didorong  oleh partai, namun tetap harus menghargai mekanisme yang dilakukan oleh partai karena bukan saja saya yang mencalonkan diri," ucapnya.

Anggota DPRD Provinsi Maluku aktif itu juga tidak bisa memberi jaminan bahwa akan mendapat rekomendasi dari partai.

"Tergantung, karena setelah penyampaian visi misi ini akan diadakan rapat DPD dan DPW untuk membahas mekanisme yang sedang terjadi di partai kira-kira rekomendasi akan jatuh ke siapa, internal atau eksternal. Dan pastinya akan dilihat dari semua sisi kesiapan calonnya, karena partai akan memberikan rekomendasi kepada orang yang akan menang jadi jangan sampai bias diluar kalau rekomendasi akan ke kader," tuturnya.

Untuk pasangan, Samal mengaku saat ini telah membangun komunikasi dengan beberapa kandidat.

"Kami sudah membangun komunikasi dengan pak Lefianus, Pak Grek Suripati (Ponaan Hendrik Lewerissa), Ibu Nani dan ada juga Pak Jusak," bebernya.

Kriteria calon pasangan, lanjutnya, yang pertama harus memiliki basis masa, kemudian punya kemampuan untuk mengelola pemerintahan dan merupakan anak daerah.

"Anak daerah dalam arti yang berdomisili dan memiliki KTP SBB itu berarti dia orang SBB. Kita tidak bilang harus anak daerah tapi orang yang berdomisili di SBB," tegasnya.

Ia menandaskan, sampai sejauh ini hanya mendaftar di Partai Perindo, namun komunikasi politik tetap dilakukan dengan beberapa partai politik yang ada.

"Situasi politik ini kan kita tidak tahu. Bisa saja berbah karena Politik itu dinamis," pungkasnya.

Berikut ini visi dan misi yang dipaparkan Turaya Samal sebagai Calon Kepala Daerah Kabupaten SBB di depan Tim Panelis.

VISI : “ Hadir Sebagai Solusi, Menuju Perubahan Untuk SBB Maju”

MISI :

BIDANG PEREKONOMIAN, Pembagian zonasi ekonomi (yang diatur dalam perda) untuk mengoptimalkan potensi pendapatan daerah. Hal ini terkait fokus pembangunan daerah melalui pertambangan, pariwisata, perkebunan, dan perikanan.

BIDANG PERTAMBANGAN, Penataan wilayah potensial pertambangan baik secara administrasi melalui prosedur yang telah ditentukan, dengan mengacu kepada tahapan-tahapan yang telah ditetapkan dalam peraturan dengan memperhatikan aspek lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

BIDANG PARIWISATA, Membuat perencanaan pembangunan pariwisata secara komprehensif dengan memanfaatkan potensi dan objek wisata yang ada di SBB dengan mengedepankan prinsip pelestarian dan pengembangan pariwisata lokal.

BIDANG PERKEBUNAN, Yaitu Mengembalikan kejayaan kepulauan rempah dengan menetapkan Kabupaten SBB sebagai daerah penghasil rempah di Maluku.

BIDANG PERIKANAN, Pengelolaan hasil-hasil perikanan secara inovatif untuk menambah daya saing dan meningkat kualitas produk.

BIDANG PELAYANAN PUBLIK, Menghadirkan pelayanan publik yang serba hadir dan efisien sehingga dapat menjangkau masyarakat Kabupaten Seram Bagian Barat secara keseluruhan melalui pemanfaatan teknologi informasi.

BIDANG REFORMASI BIROKRASI, Memastikan birokrat sebagai aparatur profesional dan berinisiatif tinggi sehingga, lebih responsif dalam menjawab kebutuhan publik dan tantangan masa depan melalui mekanisme reward and punishment yang jelas

BIDANG ENERGI, Pembangunan PLTA sekaligus energi terbaharukan agar agar supplai listrik Kabupaten Seram again Barat dapat menjangkau seluruh desa dan dusun serta bisa meningkatkan pendapatan daerah dan kemandirian energi. Sehingga, pembangunan pabrik-pabrik untuk mengelola bahan mentah di bidang pertambangan, pertanian, perkebunan, perikanan dan lainnya dapat dilakukan.

BIDANG PENDIDIKAN, Pemerataan pendidikan untuk tingkat dasar dan menengah. Agar jumlah peserta didik meningkat melalui program pendidikan gratis. dan penyelenggaraan pendidikan berkualitas lewat perbaikan infrastruktur sekolah, pembangunan laboratorium, penyediaan guru-guru yang berkualitas, dan lainnya. Sementara untuk perguruan tinggi, akan melakukan upaya untuk membangun perguruan tinggi yang berfokus pada Pertanian dan perikanan serta pariwisata.

BIDANG KESEHATAN, Terwujudnya pembangunan kesehatan masyarakat Kabupaten Seram Bagian Barat melalui upaya peningkatan mutu pelayanan (SDM maupun Infrastruktur) dan upaya pencegahan (preventif-promotif) yang lebih partisipatif serta terukur.

BIDANG KEBENCANAAN, Pengalokasian anggaran tanggap bencana utamanya kebakaran hutan, longsor dan banjir agar Pemerintah lebih tanggap.

(dp-53)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi