News Ticker

DPC Demokrat Ambon Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wawali

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Ambon membuka pendaftaran Bakal Calon (Bacalon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawali) periode 2024-2
Share it:


Ambon, Dharapos.com
- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Ambon membuka pendaftaran Bakal Calon (Bacalon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawali) periode 2024-2029.

Pendaftaran dan pengambilan formulir dimulai hari ini, Selasa 16 April 2024 hingga berakhir pada Tanggal 26 April 2024, mulai Pukul 10.00-17.00 WIT, di gedung Sekretariat DPC Demokrat Kota Ambon, Jl. Dr. Sitanala, Waringin.

Kepada wartawan, Ketua DPC Demokrat Femri Tuwanakotta mengatakan, pihaknya saat ini membuka ruang bagi siapa saja yang ingin mendaftarkan diri sebagai bacalon Wali Kota dan Wawali Kota Ambon.

"Bukan saja putera puteri terbaik Kota Ambon, namun peluang ini dibuka juga untuk semua anak bangsa Indonesia, termasuk kader partai Demokrat yang ingin berkontestasi dalam pilkada Kota Ambon ini," ungkap Femri.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu), Nus Soumokil menjelaskan, Partai Demokrat sudah menentukan langkah-langkah menuju proses penjaringan bacalon Wali Kota dan Wawali Kota Ambon.

"Proses penjaringan akan berlangsung di masing-masing DPC termasuk di Kota Ambon, maupun DPD terkait penjaringan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku," katanya.

Diakui, persyaratan pencalonan Kepala Daerah cukup jelas sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

"Sesuai Undang-Undang, jika seseorang yang mau mendaftarkan diri sebagai calon Kepala Daerah termasuk anggota Legislatif yang mendapat pembiayaan dana dari APBN atau dibiayai Pemerintah Daerah, harus mengundurkan diri," tuturnya.

Dengan demikian, ia berharap bagi yang berminat mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon yang masih dalam tahapan-tahapan seperti itu harus mempersiapkan administrasi, salah satunya mengundurkan diri.

Soumokil juga menegaskan, Bappilu mempunyai tugas untuk proses penjaringan dan seleksi administrasi.

Bappilu juga akan berkordinasi serta mengirimkan berkas penjaringan ke DPD, yang mana hasil putusannya nanti di DPP.

"Jadi kami membuka ruang sebesar-besarnya untuk putera-puteri bangsa yang memiliki potensi yang ingin berkontestasi sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon," tandasnya.

(dp-53)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi