News Ticker

"Getah Damar" Penghasil Sejuta Manfaat Berlayar Menuju Surabaya

Share it:


Ambon, Dharapos.com –
Melalui Satuan Pelayanan Bacan, Karantina Maluku Utara melakukan pemeriksaan terhadap komoditas getah damar.

Diketahui, getah damar merupakan getah yang keluar dari pohon damar dan membeku saat terkena udara, merupakan bahan baku yang banyak dimanfaatkan dalam berbagai industri. Mulai dari produksi kosmetik, tekstil, cat, tinta, hingga dupa, getah damar memiliki peran penting dalam berbagai sektor.

Apirman, selaku petugas karantina yang melakukan Tindakan Karantina Tumbuhan menjelaskan, petugas karantina telah melakukan pemeriksaan meliputi pemeriksaan fisik dan dokumen.

“Sebelum berlayar menuju Surabaya menggunakan KM. Prakarsa Mas, sebanyak 62 ton getah damar telah dilakukan pemeriksaan, dipastikan aman dan bebas OPTK,” terang Apirman dalam rilis yang diberikan kepada Wartawan, Selasa (26/4/2024).

Secara terpisah, Kepala Karantina Maluku Utara, Willy Indra Yunan, S.P menjelaskan pemeriksaan terhadap getah damar ini bertujuan untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi karantina yang berlaku.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan terhadap lalulintas sumber daya hayati dengan melakukan pemeriksaan dengan cermat untuk memastikan standar keamanan dan kualitas yang ditetapkan dan terbebas dari OPTK," ungkapnya.

Dengan pemeriksaan yang telah dilakukan, diharapkan getah damar yang tiba di Surabaya akan memberikan manfaat yang maksimal bagi berbagai industri yang mengandalkan bahan baku ini.

(dp-53)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi