News Ticker

Wakil Uskup Tanimbar - MBD Kukuhkan Panitia Muspaspas Keuskupan Amboina 2024

Wakil Uskup wilayah Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya, RD.Januaris Oratmangun mengukuhkan panitia Musyawarah Pastoral Pastores (Muspaspas) Keus
Share it:
Prosesi pengukuhan panitia Muspaspas Keuskupan Amboina 2024, Minggu (26/11/2023).

Saumlaki, Dharapos.com - Wakil Uskup wilayah Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya, RD.Januaris Oratmangun mengukuhkan panitia Musyawarah Pastoral Pastores (Muspaspas) Keuskupan Amboina tahun 2024.

Kegiatan pengukuhan panitia Muspaspas Keuskupan Amboina tahun 2024 dilaksanakan bersamaan dengan perayaan puncak hari raya Kristus Raja Semesta Alam tahun 2023 yang berlangsung di lokasi wisata rohani Findruar Olilit Timur, kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Minggu malam  (26/11/2023).

Pengukuhan panitia ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Uskup Diosis Amboina, Nomor 22/KA-SN/SK/X/2023, tanggal 1 Oktober 2023 tentang Penetapan Panitia Musyawarah Pastoral Pastores Keuskupan Amboina Tahun 2024.

Muspaspas adalah pertemuan tahunan dari para pastor, pimpinan-pimpinan komunitas biarawan se-keuskupan, dan seluruh perangkat keuskupan, dalam kesatuan dengan uskup setempat.

Secara garis besar, struktur panitia ini terdiri dari lima bagian utama, yaitu: pelindung,  penasihat, penanggung jawab, pengarah, dan pelaksana, yang mencakup sepuluh divisi dan satu sekretariat.

Dalam SK tersebut, Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar dipercaya sebagai ketua panitia pelaksana kegiatan dan beranggotakan sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, sejumlah ASN, pastores, para suster dan tokoh awam Katolik.

Menariknya, struktur kepanitiaan kegiatan keagamaan Katolik ini banyak didominasi oleh para tokoh dari agama Kristen Protestan dan sejumlah tokoh dari Kristen dedominasi.

Pj.Bupati Kepulauan Tanimbar bersama panitia dengan hikmad mengikuti prosesi pengukuhan.

Dalam prosesi pengukuhan, panitia menyatakan kesediaan dan kesanggupannya untuk bekerja dengan hati yang tulus demi suksesnya kegiatan ini dan demi kemuliaan Tuhan.

Atas nama Uskup Diosis Amboina Mgr.Seno Ngutra, RD. Januaris Oratmangun menyatakan kebanggan dan berterima kasih atas kesediaan panitia dari latar belakang yang berbeda.

“Perkenankanlah saya atas nama Uskup dan seluruh umat Katolik Keuskupan Amboina Wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pj. Bupati Kepulauan Tanimbar, Bapak Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, para Pastor, para Biarawan dan Biarawati, para Ketua Dewan Paroki, dan para Ketua Kelompok Kategorial (WKRI, OMK, LC), tokoh-tokoh awam lintas agama Katolik, Protestan, maupun aliran denominasi yang telah bersedia merelakan dirinya dikukuhkan sebagai panitia Muspaspas  Keuskupan Amboina tahun 2024,” kata Oratmangun.

Pj. Bupati Kepulauan Tanimbar, Drs. Ruben B. Moriolkossu, M.M., yang didapuk sebagai ketua panitia, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah bersedia menerima tanggung jawab sebagai panitia.

 “Izinkan saya sebagai ketua panitia, menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia yang telah bersedia menerima tanggung jawab ini,” ucap Moriolkossu. 

Foto bersama usai pengukuhan
Sesuai pantauan media ini, kegiatan puncak perayaan Kristus Raja Semesta Alam tahun ini dan pengukuhan panitia pelaksana kegiatan Muspaspas Keuskupan Amboina tahun 2024 dihadiri oleh ribuan umat Katolik dari sejumlah paroki dan stasi se wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

Adapun kegiatan Muspaspas Keuskupan Amboina tahun 2024, direncanakan akan dilaksanakan pada 15 - 27 Juli 2024, bertempat di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dengan beberapa kegiatan pendukung, diantaranya ret-ret dan pentahbisan imam baru.

(DP-18)

Share it:

2024

Keuskupan Amboina

Muspaspas

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi