News Ticker

BPOM di Ambon Gelar Bimtek Keracunan Pangan Bagi Nakes di Maluku

Balai POM di Ambon menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keracunan Pangan bagi Tenaga Kesehatan di lingkup Provinsi Maluku.
Share it:


Ambon, Dharapos.com
- Balai POM di Ambon  menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keracunan Pangan bagi Tenaga Kesehatan di lingkup Provinsi Maluku.

Kegiatan yang di hadiri langsung Kepala Balai POM Ambon, Tamran Ismail, S,Si.,MP ini berlangsung di Swiss-bel Hotel Ambon, Senin (27/11/2023).

Hadir juga secara virtual (Zoom), tiga (3) Guest Speaker  yakni Plt. Direktur Pengawasan Peredaran Pangan Olahan BPOM RI, Dr. Didik Pursito S,Pt.,M.Si, Direktur Medik dan Keperawatan BPOM RI RSUP Dr Leimena Provinsi Maluku, dr. Yan A. Noor, MPH, serta dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Mylene Latumahina S.Si.,MPH.

Kepala Balai POM Ambon, Tamran Ismail saat membacakan sambutan Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM RI, Dra. Rita Endang.,Apt..,M.Kes, mengapresiasi BPOM di Ambon yang telah berinisiatif menggelar kegiatan Bimtek keracunan pangan bagi petugas kesehatan Rumah Sakit, dan Puskesmas dalam lingkup Provinsi Maluku.

Dikatakan, melalui Peraturan Menteri Kesehatan No 2 Tahun 2013 tentang kejadian luar biasa keracunan pangan, diharapkan laporan adanya KLB yang berasal dari masyarakat, dapat ditindak lanjuti dengan empat aktivitas yaitu, penyelidikan KLB, pengambilan sample, pengujian sample serta pencegahan KLB.


"Bimbingan teknis keracunan pangan yang diselenggarakan BPOM di Ambon hari ini, diharapkan dapat membekali tenaga kesehatan dan PIC keracunan pangan dengan pengetahuan dan kompetensi untuk dapat menangani pasien akibat KLB keamanan pangan sesuai tata laksana dan melaporkan secara rutin KLB keamanan pangan yang ada melalui sistem pelaporan skincare," ungkap  Tamran saat membacakan sambutan Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM RI.

Menurutnya, sangat penting bagi petugas kesehatan memiliki pengetahuan dan kompetensi dalam investigasi KLB keracunan pangan, pengumpulan data epidemiologi, pengambilan sample yang benar, serta pencegahan keracunan pangan.

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada seluruh pimpinan asosiasi profesi, pimpinan Rumah Sakit, PIC keracunan pangan serta seluruh pemangku kepentingan yang hadir saat ini untuk bersinergi dan menunjang kesuksesan dari kegiatan penanganan dan pelaporan keracunan pangan di Maluku.

"Sekali lagi saya mengapresiasi kegiatan ini, dan saya berharap pengetahuan dan kompetensi yang di ajarkan nanti dapat bermanfaat," tandasnya sembari membuka kegiatan.

(dp-53)

Share it:

Kesehatan

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi