News Ticker

Mengejutkan, 24 Caleg DPRD Kepulauan Aru Nyatakan Mundur dari PAN

Jelang penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) peserta Pemilu Legislatif 2024, datang kabar mengejutkan dari Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku.
Share it:

Ali Wamir, Sekretaris DPD PAN Kepulauan Aru saat menyampaikan pernyataan deklarasi pengunduran dirinya bersama puluhan caleg DPRD dari partai tersebut, Minggu (17/9/2023)

Dobo, Dharapos.com
– Jelang penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) peserta Pemilu Legislatif 2024, datang kabar mengejutkan dari Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku.

Sebanyak 24 calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN) setempat secara resmi menyatakan sikap mundur diri dari calon anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Aru periode 2024-2029.

Pengunduran diri ke 24 caleg dari partai berlambang Matahari itu berlangsung dalam sebuah deklarasi, Minggu (17/9/2023).

“Kami Pengurus DPD Partai Amanat Nasional dan seluruh teman-teman Bacaleg akan melakukan proses pelepasan atribut Partai Amanat Nasional dan melalui momentum ini kami kembalikan kepada  Ketua DPP Zulkifli Hasan  dan pak Ketua Wilayah Wahid Laitupa. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, seluruh atribut Partai Amanat Nasional dengan ini kami serahkan dan kami kembalikan kepada pengurus DPP Partai Amanat Nasional,” ucap Ali Wamir, Sekretaris DPD PAN Kepulauan Aru yang langsung ditindaklanjuti dengan membuka baju partai bersama rekan caleg lainnya, Minggu (17/9/2023).

Adapun, dasar pengunduran tersebut dipicu pengangkatan Callin Lepuy selaku Plt Ketua DPD PAN Kepulauan Aru atas usulan Ketua DPW PAN Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail.

Hal itu dinilai tidak sesuai dengan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART).

Momen aksi pencopotan jas partai yang dilakukan kader PAN Aru yang resmi mengundurkan diri 

"Kebijakan inilah yang membuat kami tidak puas sehingga kami seluruh caleg PAN dari 4 Dapil di Kabupaten Kepulauan Aru memilih mundur diri sebagai calon anggota DPRD periode 2024-2029," tandasnya seraya meminta namanya dirahasiakan seusai deklarasi pengunduran diri.

Sikap sumber dan rekan-rekan telah dinyatakan secara tegas kepada Ketua DPW PAN Maluku Widya Pratiwi Murad .

Bahkan ancaman pengunduran dia dan rekan-rekannya sudah disampaikan melalui pesan singkat WhatsApp.

"Namun beliau malah mempersilahkan kami semua mengundurkan diri karena dirinya akan mengalahkan Mercy Barends pada pesta demokrasi 2024 mendatang. Kalau jawabannya gitu, ya kita semua mundur saja dari PAN,” bebernya.

Terpantau, deklarasi pengunduran diri tersebut ditandai dengan pencopotan papan nama Sekretariat DPD PAN Kepulauan Aru yang berlokasi di kawasan puncak Jalur SMA 1 Kecamatan Pulau-pulau Aru, Dobo juga baju partai para caleg yang mundur. 

(dp-31/nus)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi