News Ticker

Bupati Aru Soroti Harga Tiket Wings Air HIngga Temui Sejumlah Pihak, Ini Hasilnya

Harga tiket pesawat Wings Air rute Dobo - Ambon dilaporkan semakin melambung tinggi dimana saat ini berada pada kisaran Rp2,8 juta lebih.
Share it:

Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga saat menemui sejumlah pihak menyikapi melambungnya harga tiket Wings Air rute Dobo - Ambon

Dobo, Dharapos.com
- Harga tiket pesawat Wings Air rute Dobo - Ambon dilaporkan semakin melambung tinggi dimana saat ini berada pada kisaran Rp2,8 juta lebih.

Fakta ini langsung mendapat sorotan dari Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga hingga akhirnya menyurati Direktorat Angkutan Udara Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Siaran pers Humas Pemda Kepulauan Aru yang diterima Dharapos.com menyebutkan, Bupati Johan telah bertemu langsung dengan Direktorat Angkutan Udara Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI pada 4 Agustus 2022 lalu.

Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk menyampaikan secara langsung permasalahan terkait harga tiket pesawat Wings Air yang semakin mencekik rakyatnya.

“Jadi benar, bahwa terkait mahalnya tiket pesawat rute Dobo - Ambon Bupati sudah menyurati Direktorat Angkutan Udara  Kemenhub RI. Bahkan beliau sudah ketemu langsung pada tanggal 4 Agustus 2022 kemarin," ujar Kepala Bagian Humas Pemda Aru, Piter Kalarborbir, Sabtu (6/8/2022).

Dirincikan dalam pertemuan itu, Direktorat Angkutan Udara Kemenhub RI menjelaskan tingginya harga tiket akibat naiknya harga avtur.

Selain itu juga, akibat naiknya komponen pembentuk harga tiket, seperti surecharge 20 persen, airport tax, PPN, fuel. Surecharge, dan lain - lain. Disamping pendapatan dari jumlah pax yang total full seat dan harga avtur dari Rp14 ribu naik menjadi Rp20 ribu.

“Dan Harga avtur termahal se-Indonesia ada di Saumlaki," ungkap Kalarborbir.

Dijelaskan pula, dalam keputusan Menteri Perhubungan tentang Tarif Batas Atas (TBA) untuk rute Ambon – Dobo senilai 1.985.000 adalah besaran basic fare / harga dasar, diluar komponen airport tax, fuel Surecharge, dan lain – lain. 

“Menurut penjelasan Presiden Direktur Lion Air yang didampingi Area Manager Wings Air Bandara Pattimura Ambon bila harga tiket senilai 2,56 juta, masih belum melampaui TBA karena adanya tambahan komponen lain,” beber Kalarborbir.

Menyikapi kondisi ini, telah disepakati penerbangan tidak berlangsung setiap hari, tapi 4-5 kali seminggu (day 1,3,5,7).

“Dengan pola seperti ini diharapkan akan menaikan load penumpang sehingga dapat menutupi cost penerbangan yang tinggi serta adanya kepastian keberangkatan," ucapnya.

Kalarborbir menambahkan, Bupati Johan juga telah menyampaikan permasalahan yang sama kepada Presdir Lion Air Group Rudi Lumingkewas di Menara Lion Air di Jakarta.

"Solusinya akan ada upaya penerbangan baru rute Dobo - Langgur pakai perintis Sam Air kemudian lanjut ke Ambon dengan tujuan untuk menetralisir lonjakan harga tiket pesawat Wings Air dari Dobo tujuan Ambon,” tandasnya.

(dp-31)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi