News Ticker

Pemkab Malra Salurkan 800 Paket Pangan Lokal Bagi Masyarakat

Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) lewat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat menyalurkan 800 paket pangan lokal beru
Share it:

Ketua TP PKK Malra Eva Eliya Hanubun saat menyerahkan paket bantuan secara simbolis kepada perwakilan penerima manfaat
Langgur, Dharapos.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) lewat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat menyalurkan 800 paket pangan lokal berupa embal baubes bagi masyarakat di wilayah itu.

Bertempat di halaman kantor DKPP, Senin (7/12/2020), Ketua Tim Penggerak PKK Malra Eva Eliya Hanubun menyerahkan langsung paket bantuan tersebut secara simbolis kepada perwakilan penerima manfaat.

Adapun rincian paket yang diserahkan pada beberapa lokasi yaitu, Ohoi Watdek sebanyak  178 KK (890 kg), Ohoi Ohoijang sebanyak 225 KK (1.125 kg), dan Kelurahan Ohoijang Watdek 397 KK (1.985 kg) sehingga total penerima sebanyak 800 KK. Total jumlah Enbal yang disalurkan sebanyak 4 Ton.

Selain paket embal, juga diserahkan bantuan Bibit Komoditi Hortikultura kepada 9 Kecamatan (28 Ohoi).

Sementara, hasil panen Vee Kesyang ditujukan untuk masyarakat marginal selaku penerima yang berlokasi Ohoi Langgur (Savsiu) sebanyak 30 KK.

Ny. Hanubun dalam pernyataannya menjelaskan pangan adalah suatu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi oleh Pemerintah dan masyarakat.

Meski diakuinya, ketersediaan pangan yang cukup belum tentu dapat menjamin terhindarnya penduduk dari masalah pangan dan gizi.

“Karena selain ketersediaannya, perlu pula diperhatikan aspek pola konsumsi rumah tangga atau keseimbangan kontribusi jenis pangan yang dikonsumsi, sehingga dapat memenuhi standar gizi yang dianjurkan,” akuinya.

Kegiatan diversifikasi pangan merupakan upaya untuk memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu saja, juga mendorong masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara untuk memanfaatkan potensi lahan yang tersedia dengan membudidayakan komoditi Ubi kayu (enbal) secara komersial melalui proses budidaya pengolahan, dan pemasaran hasil.

“Hari ini akan kami salurkan 4 ton Enbal Baubes kepada masyarakat di kelurahan Ohoijang Watdek, Bibit Komoditi hortikultura dan hasil Ve'e Kesyang Tahun 2020,” rincinya.

Diakhiri sambutannya, Ny. Hanubun berharap apa yang menjadi harapan semua orang dan adanya kegiatan tersebut dapat menjadi bermanfaat dan menjadi berkat bagi semua orang.

Turut hadir Asisten II Sekda Malra, Camat Kei Kecil, Lurah Ohoijang Wakdek, para kepala Ohoi, Sekertaris PKK Malra dan para penerima paket.

(dp-52)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi