News Ticker

Siswa SMK di Maluku diminta Disiplin Belajar dan Berlatih

Gubernur Maluku Said Assagaff meminta para siswa SMK mesti belajar dan berlatih dengan disiplin agar dapat terserap pada bursa lapangan kerja.
Share it:
Job Matching (Pemasaran Tamatan) yang berlangsung di aula SMKN 1 Ambon, Rabu (12/9/2018)
Ambon, Dharapos.com
Gubernur Maluku Said Assagaff meminta para siswa SMK mesti belajar dan berlatih dengan disiplin agar dapat terserap pada bursa lapangan kerja.

Ia juga menekankan soal mental dan budaya kerja mesti terus ditingkatkan karena berbagai peluang usaha memiliki tantangan yang dinamis.

Hal itu disampaikannya pada acara Job Matching (Pemasaran Tamatan) yang berlangsung di aula Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ambon, Rabu (12/9/2018).

Mengutip siaran pers Humas Pemprov, Gubernur pada kegiatan tersebut diwakili Sekda Maluku, Hamin bin Thahir.

“Maluku masa kini dan masa depan akan terus mendorong pengembangan dunia pendidikan dan dunia usaha, serta berbagai aktivitas ekonomi produktif. Mental kerja dan budaya kerja mesti terus di tingkatkaan,” dorongnya.

Lebih lanjut Gubernur minta, semua pihak harus optimis bahwa potensi sumber daya alam yang dimiliki Maluku dapat terus dikembangkan oleh tangan-tangan terampil dan berkarakter, sehingga membawa kesejahteraan dan kemaslahatan.

“Kita tidak boleh menyerah pada tantangan tetapi harus mampu menaklukkan berbagai tantangan di dalam dunia usaha. Kita yakin, melalui belajar, kreativitas, inovasi dan kerja sama kita dapat bersaing,” tuturnya.

Gubernur menambahkan, saat ini telah memasuki era global yang sangat kompetitif.

Pada era ini yang dipertaruhkan adalah kualitas SDM yang terampil dan berkarakter sehingga dapat diterima pada bursa lapangan kerja.

“Oleh sebab itu, penguasaan keterampilan dan kecakapan teknis sangat penting dalam berbagai sektor unggulan, baik industri, pariwisata maupun teknologi informasi serta sektor lainnya,” terang dia

Selain itu, diharapkan agar prestasi dan kinerja SMK melalui manajemen sekolah, kepemimpinan dan kerja sama dengan berbagai pihak sangat dibutuhkan.

“Maju mundurnya sebuah SMK sangat bergantung dari kerja sama seluruh komunitas sekolah, serta keterbukaan untuk terus melakukan inovasi. Olehnya, komunikasi, relasi dan jaringan kerja sama harus terus dibangun, baik dengan Pemerintah pusat maupun daerah serta pemangku kepentingan lainnya,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga menyampaikan terima kasih kepada para pelaku dunia usaha dan industri yang turut memfasilitasi para tamatan SMK untuk terjun ke dunia kerja.

"Sinergi dan kolaborasi dunia usaha dengan dunia pendidikan tentu akan bermuara pada kesejahteraan dan kemajuan bersama," pungkasnya.

(dp-19)
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi