News Ticker

DPD KNPI MTB – YPT-RLS Gelar Kuliah Umum

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki (YPT-RLS) menggelar kuliah umum bagi Civitas Akademika pada tiga perguruan tinggi milik YPT-RLS, Jumat (16/3/2018).
Share it:
Prof. Dr. Jhon Pieris, SH, MS, Guru Besar Hukum Tata Negara pada Fakultas Hukum UKI Jakarta
yang juga anggota DPD RI/MPR RI periode 2014 - 2019 saat menyampaikan materi
Saumlaki, Dharapos.com
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki (YPT-RLS) menggelar kuliah umum bagi Civitas Akademika pada tiga perguruan tinggi milik YPT-RLS, Jumat (16/3/2018).

Masing-masing Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Saumlaki (STIESA), Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Saumlaki (STIAS) serta Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki yang bertempat di aula kampus Lelemuku Saumlaki.

Dalam kuliah umum tersebut KNPI dan YPT-RLS mengusung tema “Pendidikan mengubah wajah dunia” dengan menghadirkan Prof. Dr. Jhon Pieris, SH, MS, Guru Besar Hukum Tata Negara pada Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia Jakarta yang juga anggota DPD RI/MPR RI periode 2014 - 2019 sebagai pemateri.

“Dalam keterpanggilan selaku anak-anak negeri, DPD KNPI MTB berkomunikasi dengan Profesor Jhon Pieris untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada civitas akademika di STIESA, STIAS dan STKIPS" kata ketua KNPI MTB, Christian Matrutty dalam sambutan di awal acara itu.

Hal tersebut menurutnya didasarkan pada fakta riil bangsa dimana Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia masih rendah berdasarkan hasil survey oleh UNDP terkait IPM Indonesia yang masih berada diposisi 0,67 persen sertan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia yang berada pada 14,6 persen dimana pada level ini, Indonesia masih berada di bawah Singapura dan Malaysia.
Hal ini membuat lemahnya daya saing Indonesia termasuk Kabupaten MTB teristimewa dalam segala hal.

Karena itu sektor pendidikan menurut Christian menjadi faktor penting yang dapat mengubah IPM, sehingga KNPI memandang perlu mendorong perbaikan di sektor ini.

“Ini adalah bentuk tanggung jawab moral KNPI untuk memberikan sesuatu bagi daerah ini ditengah berbagai permasalahan yang saat ini mendera kepemudaan” katanya.

Christian berjanji, KNPI di bawah kepemimpinannya akan terus menggelontorkan program-program yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat di wilayah itu.

Peserta kuliah umum asal 3 perguruan tinggi milik YPT-RLS yang  berlangsung Jumat (16/3/2018)
Ketua YPT-RLS, Polikarpus Lalamafu dalam sambutannya berterima kasih kepada pengurus DPD KNPI yang telah menginisiasi pelaksanaan kuliah umum tersebut. Dia memastikan penyajian materi oleh sang Profesor akan sangat membantu para mahasiswa dan termotifasi dalam menentukan langkah setelah selesai mengenyam pendidikan di tiga lembaga itu.

“Mahasiswa memiliki predikat sebagai Agent of Changes dan Social Control sehingga perlu dibekali untuk nantinya memberikan perubahan besar,” katanya.

Polikarpus mengakui bahwa materi kuliah umum tersebut ada relevansinya dengan kekinian masyarakat di MTB, dimana jenjang pendidikan tinggi yang diraih oleh masyarakat selama ini seolah-olah hanya sebagai langkah untuk memenuhi kebutuhan semata yakni sebagai syarat memperoleh pekerjaan setelah meraih ijazah.

Saat membawakan materi kuliah umum dihadapan lebih dari 300 orang mahasiswa yang hadir saat itu, Prof. Jhon Pieris memaparkan tentang pentingnya pendidikan dalam merubah wajah bangsa. Hal itu terlihat dari fakta sejarah dimana hanya melalui kemampuan para pendidik, mampu menciptakan berbagai terobosan hingga kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Pendidikan adalah urat nadi sebuah peradaban, tanpa pendidikan maka kebudayaan dan peradaban hancur, tanpa pendidikan maka segalanya hancur,” cetusnya.

Jhon Pieris juga menekankan pentingya perubahan pola pikir menyongsong perubahan serta perlunya perbaikan sektor pendidikan di Indonesia secara umum dan di Maluku secara khusus.

Usai memberikan kuliah umum, Prof. Jhon Pieris memberikan uang pembinaan bagi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) pada tiga lembaga itu, serta berjanji akan memberikan bantuan buku-buku materi perkuliahan dalam waktu dekat.


Selanjutnya Pieris dijadwalkan akan menyerahkan bantuan semen dan melakukan penanaman pohon bersama Ketua KNPI MTB, Ketua YPT-RLS, serta tiga Ketua STIESA, STIAS dan STKIPS dihalaman kampus Lelemuku yang berlokasi di jalan Prof. Boediono Saumlaki, Sabtu pagi (17/3/2018).

(dp-18)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi