News Ticker

PWI MTB Ajak Pemuda Tingkatkan Kesadaran Jelang Pilkada 2017

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Maluku Tenggara Barat mengajak pemuda untuk tingkatkan kesadaran hukum jelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah di negeri berjuluk “Duan Lolat” tersebut.
Share it:
Seminar yang digelar organisasi PWI MTB dengan menghadirkan 2 narasumber  dari Polres dan Pemkab MTB
Saumlaki, Dharapos.com 
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Maluku Tenggara Barat mengajak pemuda untuk tingkatkan kesadaran hukum jelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah di negeri berjuluk “Duan Lolat” tersebut.

Ajakan tersebut disampaikan saat digelarnya seminar sehari dengan tema: “Pentingnya Peran Pemuda Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Bagi Masyarakat Demi Tegaknya Kamtibmas Jelang Pilkada Maluku Tenggara Barat 2017”, yang bertempat di aula bhayangkara Saumlaki, Rabu (21/9).

Pelaksana Tugas Sementara Ketua PWI MTB, Djefri Ranglalin dalam laporannya mengatakan, kesadaran hukum itu bukan saja menjadi tanggung jawab TNI, Polri maupun Pemerintah semata, melainkan juga menjadi tanggung jawab bersama termasuk PWI Maluku Tenggara Barat.

“Dengan demikian, PWI Maluku Tenggara Barat merasa terpanggil untuk melakukan sosialisasi tersebut sebagai bagian dari membangun kesadaran pemuda untuk kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, teristimewa menghadapi Pilkada 2017” katanya.

Menurut Djefri, pemuda adalah sosok yang seharusnya menjadi peran utama untuk melakukan gerakan-gerakan dalam rangka menyadarkan masyarakat, mengingat grafik kejahatan yang terjadi di MTB masih didominasi oleh kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kegiatan yang dihadiri oleh 75 peserta dari sejumlah  Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) seperti Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM), Pemuda Katolik, serta Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI).

Peserta seminar
Dua pemateri yang dihadirkan masing-masing, Kepala Satuan Tugas Bimbingan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Maluku Tenggara Barat, AKP. Simon Silety, dengan materi seputar pencegahan-pencegahan dalam rangka mendorong kesadaran hukum di tengah masyarakat.

Kemudian, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Konsultasi dan Bantuan Hukum pada Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten MTB, Ricky F. Malisngorar dengan materi terkait masalah-masalah politik teristimewa regulasi-regulasi baru yang mengarah kepada potensi terjadinya pelanggaran.

Sementara itu, Bupati Maluku Tenggara Barat, Bitsael S.Temmar dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan pada Setda MTB, Yohanis Batseran mengatakan, sejarah telah mencatat bahwa pemuda mempunyai peran penting dan sebagai garda terdepan dalam proses perjuangan, pembaruan dan pembangunan bangsa.

Selain itu juga, merupakan kontrol moral, sosial dan agen perubahan dalam pembangunan nasional.

Untuk itu, tanggung jawab dan peran strategis pemuda di segala dimensi pembangunan perlu ditingkatkan.

“Mengenai tema seminar ini dapat saya jelaskan bahwa Undang-undang nomor: 40 tahun 2017 pasal 17 ayat 1 huruf C, telah secara jelas menyebutkan bahwa salah satu peran aktif pemuda sebagai kekuatan moral yakni diwujudkan dengan meningkatkan kesadaran hukum,” urainya.

Selanjutnya dalam menghadapi Pilkada MTB 2017 mendatang yang tahapannya telah dimulai saat ini,
Pemkab setempat mengharapkan peran aktif pemuda untuk meminimalisir potensi-potensi konflik yang terjadi di dalam masyarakat.

“Para Pemuda sebagai kaum intelektual harus menjadi barisan terdepan dalam upaya mewujudkan kesadaran hukum masyarakat yakni dengan melakukan pendampingan, pembinaan dan tentunya menjadi teladan bagi masyarakat sehingga tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran hukum yang merugikan masyarakat serta pemerintah daerah Maluku Tenggara Barat” katanya.

Di kesempatan itu, Bupati Temmar berterima kasih kepada PWI MTB yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut, seraya berharap agar kegiatan tersebut dapat memberikan pemahaman yang baik bagi para pemuda dan pemudi dalam rangka mewujudkan kesadaran hukum bagi masyarakat.

(dp-18)
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi