News Ticker

Menristek-Dikti RI Resmi Tutup Pesparawi XI 2015

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Drs. H. Muhammad Nasir, M.Si, Akt, Ph.D akhirnya menutup secara resmi Lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XI Tingkat Nasional Tahun 2015 yang berlangsung sejak 3 – 10 Oktober di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Sabtu (10/10) malam.
Share it:
Menristek Dikti RI saat menekan tombol
sirine menandai ditutupnya even
Pesparawi Nasional XI 
Ambon, Dharapos.com
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Drs. H. Muhammad Nasir, M.Si, Akt, Ph.D akhirnya menutup secara resmi Lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XI Tingkat Nasional Tahun 2015 yang berlangsung sejak 3 – 10 Oktober di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Sabtu (10/10) malam.

Penutupan tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine menandai berakhirnya even nasional yang memperlombakan lagu-lagu gerejawi dengan peserta dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia.

Menristek yang didampingi Gubernur Maluku Ir. Said Assagaf, Wagub Maluku Dr . Zeth Sahubrua selaku ketua penyelenggara dan Sekum LPPN Drs Andar Gultom, M.Pd dalam mengawali sambutannya mengajak seluruh hadirin untuk bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Karena atas limpahan kasih dan karunianya acara Pesta Paduan Suara Gerejawi tahun 2015 telah terlaksana dan sukses di kota Ambon ini,” ajaknya.

Lebih lanjut, jelas Menristek, kehidupan demokrasi yang maju dan bermartabat merupakan modal bangsa untuk menjaga kesinambungan pembangunan menuju kehidupan Indonesia yang sejahtera.

“Pesparawi yang diselenggarakan saat ini, menurut saya memiliki makna yang penting bagi wahana pemantapan wawasan keagamaan bagi umat Kristiani pada khususnya melalui perkembangan puji-pujian kepada Tuhan yang telah disuarakan selama beberapa hari ini umat Kristiani diasah dan diperdalam kualitas spiritualnya serta makin diperteguh kadar keimanan dan cinta kkasih yang tulus pada sesama,” jelasnya.

Hal ini sesuai dengan tema Pesparawi XI “ Sungguh Alangkah baik dan indahnya hidup dalam persaudaraan yang rukun.

“Tema ini mempunyai arti yang dalam, terbukti dari suksesnya pesta Pesparawi ini sehingga dapat dijadikan sebagai wahana untuk memperdalam wawasan kebangsaan dalam kehidupan yang majemuk,” sambungnya.

Melalui kegiatan Pesparawi yang telah berlangsung, Menristek-Dikti yakin bahwa umat Kristiani dari berbagai wilayah di tanah air dapat saling menjalin persaudaraan antar sesama. Dengan cara itu umat Kristiani dapat semakin memperkaya keanekaragaman sosial budaya bangsa Indonesia.

“Semua itu diharapkan dapat menampilkan keteladanan yang positif dalam mewujudkan kerukunan antara umat beragama,” tandasnya.

Pesparawi, ungkap Menristek-Dikti, menjadi salah satu bentuk upaya Pemerintah dalam meningkatkan kerukunan hidup beragama.
5 pemenang yang berhak menerima
piala sebagai juara kategori  

Dalam konteks masyarakat Indonesia yang majemuk, kegiatan ini diselenggarakan secara bergantian diberbagai kota di Indonesia dapat memberikan sumbangan besar bagi upaya pemantapan rasa cinta terhadap tanah air maupun bagi upaya mengembangkan kerukunan hidup antar umat beragama.

Diakhir sambutannya, Menristek Dikti secara resmi menutup Pesparawi XI Tingkat Nasional 2015.

“Dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Pesparawi Tingkat Nasional yang ke 11 
tahun 2015, dengan ini saya nyatakan ditutup secara resmi,” ucapnya.

Yang kemudian diikuti dengan menekan sirine sebagai tanda berakhirnya even nasional tersebut.

Kehadiran Menristek Dikti adalah untuk menggantikan Wakil Presiden H. Jusuf Kalla yang pada awalnya direncanakan akan menutup even tersebut.

Pantauan Dhara Pos di stadion Mandala Remaja Karang panjang, acara penutupan diawali dengan defile kontingen berdasarkan kategori yang dilombakan dengan marching band SMAN Siwalima mengawali defile kemudian ditutup oleh marching band dari Madrasah Aliyah Negeri  Ambon. Disusul kemudian dilakukan penurunan bendera Pesparawi.

Demikian pula persembahan tari kolosal oleh gabungan siswa-siswi SMA / SMK se Kota Ambon.

Selain itu, juga diumumkan juara umum Pesparawi XI ini yang akhirnya diraih tuan rumah yaitu Provinsi Maluku mengalahkan Provinsi Papua Barat yang kali ini harus puas menempati urutan kedua.


(dp-16)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi