News Ticker

RD. Ponsi resmi jabat WU Tanimbar-MBD. Ini pesan Uskup Seno Ngutra

Uskup Diosis Amboina, Mgr.Seno Ngutra,Pr menerbitkan SK pengangkatan Reverendus Dominus (RD) Ponsianus Ongirwalu sebagai Wakil Uskup
Share it:

 

Sekum Keuskupan Amboina (kanan) menyerahkan SK Uskup kepada WU yang baru (kiri).
Saumlaki, Dharapos.com - Uskup Diosis Amboina, Mgr.Seno Ngutra,Pr akhirnya menerbitkan surat keputusan pengangkatan Reverendus Dominus (RD) Ponsianus Ongirwalu sebagai Wakil Uskup wilayah Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya (MBD) berdasarkan SK nomor: 04/KA-SN/SK/IV/2024, tanggal 27 April 2024.

RD.Ponsianus ditetapkan sebagai Wakil Uskup baru di wilayah itu menggantikan RD.Yanuaris Oratmangun yang meninggal dunia di rumah sakit umum daerah (RSUD) Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara, Selasa (23 April 2024), pukul 21.56 WIT.

Pengumuman dan penyerahan SK Uskup ini dilaksanakan dalam misa kudus di gereja paroki Hati Kudus Yesus Olilit Barat yang dipimpin oleh RD.Agustinus Arbol, Sekretaris umum Keuskupan Amboina, Minggu (5/5/2024).

RD. Ponsi ditetapkan sebagai Wakil Uskup dan bertugas hingga Juli 2024, setelah ada Wakil Uskup yang baru.

RD. Ponsi menerima tugas mulia itu dan menyebutkan bahwa tugas suci yang dia emban ini akan berjalan dengan baik jika berserah hati kepada Tuhan.

"Sesungguhnya, aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataan mu," ujar RD.Ponsi dalam sambutannya  di hadapan umat yang hadir. 


Pesan Uskup Seno Ngutra

Dikesempatan ini, RD.Agustinus Arbol menyampaikan beberapa pesan Uskup Diosis Amboina, Mgr.Seno Ngutra kepada RD. Ponsi dan pastores serta umat Katolik di wilayah itu.

"Di dalam SK tidak ditulis pejabat Wakil Uskup. Di dalam gereja Katolik itu tidak ada sementara. Yang ada adalah Wakil Uskup dengan segala kewenangan yang diberikan. Pastor Ponsi, jangan ragu-ragu bekerja sebagai Wakil Uskup, meskipun di dalam SK, tugas ini berakhir sampai bulan Juli," katanya.

Selain itu Uskup menegaskan kepada umat bahwa RD. Ponsi memikul dua jabatan yaitu sebagai Wakil Uskup wilayah Kepulauan Tanimbar dan MBD serta tetap menjalankan tugasnya sebagai pastor paroki Hati Kudus Yesus Olilit Barat. 

Sehubungan dengan Musyawarah pastoral pastores (Muspaspas), Ret-ret pastores dan Thabisan imam baru di wilayah Kepulauan Tanimbar (16-27 Juli 2024), Uskup Seno Ngutra menyerukan kepada umat agar membantu Wakil Uskup dan panitia sehingga segala persiapan jelang pelaksanaan agenda Keuskupan Amboina ini berjalan dengan baik dan lancar.

"Umat diminta untuk mendukung secara penuh seluruh persiapan untuk suksesnya kegiatan ini" tambahnya. 

RD.Agustinus Arbol menyatakan pula bahwa Muspaspas dan ret-ret pastores ini merupakan kegiatan perdana Uskup Diosis Amboina Mgr.Seno Ngutra yang dilaksanakan  di luar kota Ambon sejak Mgr.Senno Ngutra ditahbiskan menjadi Uskup Diosis Amboina. 

"Sejak 2004, seluruh tahbisan imam selalu dilaksanakan di kota Ambon," katanya.

Suasana perayaan ekaristi kudus di gereja paroki Hati Kudus Yesus Olilit Barat,Minggu (5/5/2024)
RD. Ponsianus Ongirwalu adalah imam diosesan yang lahir di Lamdesar Timur , 7 Juni 1975. Dalam karya pastoralnya di Tanimbar, RD. Ponsianus bertugas sebagai pastor paroki Petrus Paulus Lorulun dan pastor paroki Hati Kudus Yesus Olilit Barat. 

Pastor Ponsi adalah inisiator dan penggerak berdirinya organisasi Legium Chirstum (LC) di sejumlah stasi dan paroki se wilayah Kepulauan Tanimbar.

(dp-18)

Share it:

Daerah

Keagamaan

RD.Ponsius Ongirwalu

Wakil Uskup

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi