News Ticker

Pemprov Maluku Peringati Hari Lahir Pancasila, Sekda Sadali Jadi Pembina Upacara

Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Pemerintah Provinsi Maluku menggelar Upacara bertempat di aula lantai 7 Kantor Gubernur setempat, Kamis
Share it:


Ambon, Dharapos.com
– Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Pemerintah Provinsi Maluku menggelar Upacara bertempat di aula lantai 7 Kantor Gubernur setempat, Kamis (1/6/2023).

Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini digelar dalam  sorotan tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Bertindak selaku Pembina Upacara, Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali IE, M.Si., IPU, dan bertindak selaku pemimpin upacara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku Drs. Roy C. Siauta M.Si.

Peserta dalam upacara tersebut diantaranya, jajaran Staf Ahli Gubernur dan Asisten, pimpinan OPD beserta perwakilan Aparatur Sipil Negara lingkup Pemprov Maluku.

Gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda, mengajak seluruh anak bangsa untuk bersama-sama membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila bukan hanya mempersatukan kita saja, tetapi juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian dalam perjalanan sejarah bangsa, hingga tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat,” tegasnya.

Dijelaskan Gubernur, Pancasila juga merupakaan anugerah Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia.

“Tidak ada negara manapun di dunia ini yang memiliki falsafah dan ideologi seperti Pancasila, di tengah ancaman radikalisme, Pancasila telah teruji menjadi mata air kebangsaan. Oleh sebab itu, nilai-nilai Pancasila mesti terus dihidupi oleh segenap warga bangsa Indonesia,” tandasnya.

Terkait tema perayaan Hari Lahir Pancasila saat ini, Gubernur berharap hal itu memberi aksentuasi pada tanggung jawab global sebagai bagian dari pergaulan bangsa-bangsa di dunia, karena sila-sila Pancasila bukan saja relevan secara nasional tetapi juga global.

“Melalui momentum perayaan Hari Lahir Pancasila ini sebagai bagian dari warga bangsa dan warga dunia kita bersama-sama saling bergotong royong membangun peradaban bersama yang adil dan damai,” sambungnya.

Gubernur menyampaikan, Pancasila mesti hidup di tengah denyut nadi Indonesia yang terus berubah, dimana nilai-nilai baru saling berbenturan satu sama lain, akibat dari globalisasi siberbagai bidang maka diperlukan pemasyarakatan Pancasila secara konsisten dan berkelanjutan.

“Diperlukan kreatifitas dan inovasi dalam memanfaatkan berbagai platform digital untuk menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila kepada anak, remaja, dan generasi muda, guna menghindari krisis kebangsaan di kalangan generasi penerus. Kita semua terpanggil untuk membentuk generasi Pancasilais dan tangguh di tengah berbagai tantangan dan ancaman yang silih berganti,” tukasnya.

Dikarenakan hujan deras secara terus menerus, upacara yang awalnya direncanakan akan dilaksanakan pada halaman Kantor Gubernur Maluku, dialihkan ke aula Lantai 7 dan berlangsung lancar dan khidmat.

(dp-19)

Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi