Danlantamal IX Ambon Gelar Komunikasi Sosial Maritim di Aru, Ini Tujuannya

Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, S.E., M.M., M.T bersama istri menggelar acara Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) di wilaya
Share it:

Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, S.E., M.M., M.T saat menyampaikan sambutan

Dobo, Dharapos.com
- Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, S.E., M.M., M.T bersama istri menggelar acara Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) di wilayah kerja Lanal Aru.

Giat bertempat di Mako Lanal Aru Batu Meja Dobo, Rabu (23/11/2022) ini melibatkan keluarga besar Lanal Aru, masyarakat dan nelayan setempat.

Tema yang diusung "Melalui Komsosmar TNI AL Siap Membangun Masyarakat Maritim Yang Tangguh Dalam Mendukung Pemberdayaan Wilayah Ketahanan Laut".

Hadir pada acara tersebut, Aspers Danlantamal IX Ambon dan istri, Pabanrenpuan Spotmar Lantamal IX Ambon, Danlanal Aru, Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, S.Sos., M.A., CHRMP, Kapolres Aru AKBP. Dwi Bacthiar R. S.I.K, M.H, Danramil 1503/03- Dobo, Kapten Inf. Dodi Masaoy, serta Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Aru Hampry AS Benamen, SE. 

Turut hadir perwakilan Kepala UPP Kelas III Dobo, Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Aru  Johan Bolaklapna, S.Sos, Ketua MUI Aru Hi. A. H. Elwahan. S.Ag., M.Pd.m, Perwira Staf dan Keluarga Besar Prajurit serta PNS Lanal Aru.

Juga hadir, para tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta masyarakat nelayan dari desa Wangel, Durjela dan Jambulenga dan tamu undangan lainnya.

Danlantamal dalam sambutannya mengatakan kegiatan Komsosmar yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu bagian dalam pembinaan Potensi maritim, yang dikemas dalam tatap muka guna menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat maritim.

“Dalam hal ini berkaitan dengan informasi atau sosialisasi permasalahan serta update kepada masyarakat dalam hal kebijakan pemerintah di Kementerian dan Lembaga khususnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat pesisir dan nelayan, dalam membangun ketahanan maritim, dan untuk menumbuhkan kesadaran bela Negara,” urainya.

Dalam kegiatan kali ini, Lanal Aru juga mengajak untuk menumbuhkan semangat cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan yang harus dipupuk dari generasi muda.

Danlantamal juga mengajak siswa-siswi SMU yang ada di kabupaten ini serta anak-anak muda pada umumnya untuk bergabung dan mengikuti seleksi Pramuka Saka Bahari Lanal Aru serta bergabung dalam pembinaan Lanal untuk menyiapkan para generasi muda Aru yang akan mengikuti seleksi masuk menjadi Prajurit TNI Angkatan laut.

Momen penyerahan bantuan oleh Danlantamal IX Ambon

“Saya sampaikan agar para generasi muda menyiapkan diri dari sekarang bila di dalam diri dan sanubarinya ingin menjadi bagian dari tentara nasional Indonesia Angkatan Laut. Lanal Aru di bawah jajaran Lantamal IX Ambon siap untuk membantu menyiapkan para adik-adik  siswa/siswi putra daerah Aru yang mau dan siap untuk ikut dalam seleksi menjadi prajurit TNI AL,” pesannya.

Danlantamal menegaskan, pembinaan dan pelatihan yang dilaksanakan di Lanal Aru bersifat terbuka dan tidak dipungut biaya sedikitpun atau gratis.

Komsosmar, sambungnya, juga dilaksanakan dengan tujuan sebagai sarana untuk lebih mempererat silaturahmi, memperkuat komunikasi dan kerja sama antara TNI AL dengan masyarakat maritim serta Pemerintah daerah.

Hal ini tidak terlepas dari kondisi geografis wilayah Kepulauan Aru yang memiliki banyak desa pesisir yang sebagian besar masyarakatnya adalah nelayan.

“Selaku Komandan Lantamal IX Ambon, Saya mengucapkan terima kasih kepada Komandan dan seluruh Anggota Lanal Aru atas penerimaan kunjungan ini,” ucapnya.

Menurut Danlantamal, acara tatap muka ini mempunyai arti yang sangat penting untuk memantapkan kualitas pengabdian Prajurit kepada Negara dan Bangsa, juga sebagai sarana komunikasi unsur Pimpinan kepada satuan-satuan di jajarannya untuk menyampaikan kebijakan dan informasi dalam menyongsong tugas-tugas ke depan.

Disamping itu tujuan dari kunjungan kerja ini adalah untuk melihat secara dekat kondisi dan kesiapan Personel Lanal Aru serta fasilitas pendukung untuk melaksanakan tugas pokok.

Danlantamal menekankan UU Nomor. 34 Tahun 2004 tentang TNI, Pasal 7 yang mengamanatkan bahwa tugas Pokok TNI adalah menegakkan Kedaulatan Negara, mempertahankan Keutuhan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Melindungi Segenap Bangsa dan Seluruh Tumpah Darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap Keutuhan Bangsa dan Negara, menjaga keutuhan wilayah di darat, laut dan udara yang batas-batasnya ditetapkan dengan undang-undang.

Foto Bersama

“Hal ini menunjukkan konsistensi TNI Angkatan Laut terhadap tugas dan tanggung jawabnya sebagai salah satu komponen pertahanan Negara di laut, dalam melaksanakan operasi Militer Selain Perang, termasuk menjaga perbatasan,” tegasnya.

Diakhir sambutannya, Danlantamal berpesan kepada seluruh jajarannya.

“Perlu saya sampaikan agar seluruh Anggota Lanal Aru selalu kompak. Sebagai Prajurit Matra Laut yang merupakan bagian dari komponen Pertahanan Negara secara utuh, para Prajurit tetap menjaga soliditas maupun Sinergitas antar Matra, Instansi dan dengan Masyarakat setempat,” pesannya.

“Jadikan kehadiran kita sebagai katalisator persatuan dalam mewujudkan kedaulatan dan keamanan wilayah sehingga keberadaan Lanal Aru di wilayah ini dapat membawa energi positif bagi kelangsungan pembangunan di daerah,” pungkasnya.

Di momen yang sama, Danlantamal didaulat menyematkan tanda Kartu ID - Perwakilan Saka Bahari Pembinaan Lanal Aru dan tanda rekrutmen Pramuka Saka bahari binaan Lanal Aru.

Juga pembagian tali asih Life Jacket dan sembako.

Komsosmar tersebut juga diisi dengan sosialisasi terkait wilayah perbatasan laut oleh Lanal Aru, UU Pelayaran oleh KSOP, UU Perikanan oleh DKP Aru serta juga informasi tentang KBN dan Paspotmar dan Bela Negara (Rekrutmen TNI AL).

(dp-31)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi