News Ticker

KPU Kota Tual jadwalkan kegiatan Bimtek Situng

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tual telah menjadwalkan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018 dalam waktu dekat.
Share it:
Ketua KPU Kota Tual, Ibrahim Faqih
Tual, Dharapos.com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tual telah menjadwalkan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018 dalam waktu dekat.

Ketua KPU Kota Tual, Ibrahim Faqih dalam pernyataannya mengaku  telah memerintahkan PPK untuk segera menginformasikan kepada PPS untuk segera membuka pendaftaran atau melakukan rekrutmen KPPS.

"Dan kalau ini sudah terbentuk semua, maka KPU kota Tual akan melakukan Bimtek, baik itu di tingkat PPK, PPS maupun di KPPS,” terangnya di Tual, Senin (28/5/2018).

Menurut Faqih, bimtek tersebut dirasa sangat perlu, mengingat hanya melalui bimteklah maka penyampaian pesan tentang bagaimana melaksanakan sebuah proses pungut-hitung yang benar dapat tersampaikan.

“Kalau kita berteori dan suruh membaca saja tentu tidak maksimal, sehingga kami akan lakukan bimtek dalam waktu dekat ini setelah pembentukan KPPS,” sambungnya.

Dijelaskan Faqih, Bimtek Situng ini ada hal baru di dalamnya maka nanti akan dilakukan simulasi, bukan hanya pemberian materi-materi saja yang bersifat dialog dan ceramah.

Selain itu, akan ada simulasi juga tentang bagaimana mengisi formulir-formulir berita acara pada setiap tingkatan untuk proses pungut-hitung ini.

“Rencananya nanti bimtek tersebut akan dilaksanakan per tingkatan, kami mau fokus dulu kepada PPK dan PPS dulu, setelah itu kami tingkat Desa. Jadi, nanti bisa dibagi beberapa zona,” katanya.

Faqih menambahkan, Bimtek tersebut kemungkinan akan dibagi 3 dalam zona (wilayah) yakni wilayah pulau Kur, Tayando Tam dan Wilayah Daratan yang akan menjadi tempat pelaksanaan bimtek tersebut.

“Hal ini dilakukan agar pelaksanan Pemilukada di Kota Tual bisa berlangsung dengan baik dan memenuhi seluruh harapan dari masyarakat dan kontestannya,”pungkasnya.

(dp-40)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi