News Ticker

Warga Kormomolin - Nirunmas Dipastikan Surplus Listrik Bulan Ini

Hal tersebut disampaikan oleh Manager PT. PLN (Persero) Rayon Saumlaki – Ade Mantiri saat dikunjungi wartawan diruang kerjanya belum lama ini.
Share it:
Ade Mantiri
Saumlaki, Dharapos.com
Hal tersebut disampaikan oleh Manager PT. PLN (Persero) Rayon Saumlaki – Ade Mantiri saat dikunjungi wartawan diruang kerjanya belum lama ini.

Dijelaskan bahwa sebagaimana informasi yang dia peroleh dari atasannya terkait pekerjaan proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel yang saat ini tengah dikerjakan oleh PT. Salju Indah di Tutukembun ibu kota kecamatan Nirunmas bahwa pekerjaan pembangunan gedung PLTD serta pembangunan infrastruktur jaringan listrik berupa tiang dan jaringannya, hingga bulan kemarin telah mencapai 25 persen rampung dan direncanakan akan selesai dikerjakan pada bulan Agustus ini untuk kemudian diresmikan dan digunakan oleh masyarakat.

Ditanya soal besarnya kapasitas mesin, dia menjelaskan bahwa mesin pembangkit listrik yang akan digunakan untuk melayani para pelanggan di dua kecamatan tersebut yakni dari desa Lorwembun, Alusi raya, Meyano hingga desa Arma dan Watmuri itu adalah 2 Mega atau 4 kali 500 Kilo Watt (KW).

“Mesin sekarang sementara dibawa dalam perjalanan dari Surabaya ke Tual karena di PLTD Tutukembun kan semua pelanggannya baru jadi harus singgah ke Tual untuk ambil semua materialnya seperti meter-meternya dan kabel-kabelnya yang akan disambungkan ke pelanggan; sementara tiang listrik dan kabel yang mengintari desa ke desa itu sudah terpasang. Total daya yang terpakai awal itu kita prediksi nanti bisa mencapai 200 sampai 250 KW; dan itu berarti masih sisa 8 kali lipat daya yang belum terpakai”. bebernya.

Dia memastikan bahwa secara prosentasi hingga bulan kemarin, telah mencapai 25 persen rampung.

Sementara terkait pendataan pelanggan, pihaknya telah menerima dan memproses hampir 2.500 pelanggan baru yang bakal menikmati aliran listrik.

Data yang diterima berdasarkan pendataan yang dilakukan dan diajukan oleh setiap kepala desa secara gratis. Oleh karena program tersebut adalah bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementrian terkait maka masyarakat dibebaskan dari segala bentuk biaya atau dengan istilah lain adalah tinggal terima bersih.

Untuk program ini, pihak PLN mewajibkan untuk setiap pelanggan baru wajib menggunakan program listrik pintar atau dengan menggunakan meter pra bayar/meter pulsa.

“Yang sudah terdaftar di dua kecamatan tersebut ditambah dengan para pelanggan baru di desa
Lermatan kecamatan Tanimbar Selatan yang nanti dilayani sama pembangkit dari pusat PLTD Saumlaki, yang berlokasi di Ukurlaran adalah mencapai 2500 pelanggan oleh karena nanti pada saat diresmikan, sekaligus diresmikannya mesin pembangkit PLTD Saumlaki dengan lokasi baru yakni di Ukurlaran,” tambahnya.

Informasi yang diperoleh dari sejumlah pihak jika Presiden Joko Widodo direncanakan akan meresmikan pembangunan dan penggunaan listrik di Tutukembun usai peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2015 nanti.

(dp-35)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi