News Ticker

Gubernur Resmikan Buper Usker Afatan - Gedung Sport Center Sarmi

Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.IP MH meresmikan Bumi Perkemahan (Buper) Usker Afatan dan gedung Sport Center yang ditandai dengan penandatanganan prasasti saat upacara pembukaan Jambore Daerah tingkat Provinsi Papua di Kabupaten Sarmi pada tanggal 25-30 Juli 2015.
Share it:
Sarmi, Dharapos.com
Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.IP MH meresmikan Bumi Perkemahan (Buper) Usker Afatan dan gedung Sport Center yang ditandai dengan penandatanganan prasasti saat upacara pembukaan Jambore Daerah tingkat Provinsi Papua di Kabupaten Sarmi pada tanggal 25-30 Juli 2015.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Sarmi, Fransina Padwa Manibor menyampaikan, terima kasih kepada Gubernur yang secara resmi membuka kegiatan Jambore Daerah ke V dan meresmikan Buper Usker Afatan dan gedung sport center yang menjadi aset Pemerintah Kabupaten Sarmi.

“Tentunya besar harapan kami ke depan Gubernur selaku Bida dapat memperhatikan perkembangan Pramuka baik tingkat Kwarda, dan khususnya Kwarcab Sarmi agar dapat mengambil bagian dalam berbagai pembangunan. Terlebih memperhatikan secara serius perkembangan pembangunan di kabupaten Sarmi,” kata Fransina Padwa kepada wartawan di Kabupaten Sarmi, Sabtu pekan lalu.

Lebih lanjut, kata Fransina, kegiatan Jambore daerah tingkat Papua ini baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Sarmi dan diharapkan para peserta dapat menikmati dan mengikuti kegiatan dengan baik.

“Walaupun  ada kekurangan sana sini tapi kami berharap melalui kegiatan ini ada kebersamaan diantara kami sehingga ketika mereka pulang tidak melupakan kabupaten Sarmi,” harap Fransina.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Jambore Daerah V Provinsi Papua, Carolus Bolly, SE menjelaskan, di dalam kegiatan jambore ini digelar berbagai perlombaan yang bertujuan untuk mengadu keterampilan kepramukaan, seperti lomba baris berbaris, tali temali dan rekreasi yang di bagi dalam kelompok putra - putri.

“Jadi lomba ini bukan untuk menjaring prestasi tapi lebih kepada untuk mengadu ketrampilan kepramukaan dan mempererat tali persaudaraan di tingkat daerah agar para penggalang saling bertemu, saling mengenal yang diwujudkan dalam berbagai lomba, ” kata Carolus Bolly.

Jambore Daerah V Papua Diwarnai Aksi Penanaman Seribu Tunas Pohon Kelapa

Aksi penanaman pohon oleh Carolus Bolly, SE
Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Papua, Christina L. Mano mengatakan, aksi penanaman seribu pohon tunas kelapa di Kabupaten Sarmi ini ke depan akan bermanfaat dan bisa memberikan penghasilan bagi masyarakat Sarmi.

“Kami berharap 10 tahun ke depan, masyarakat sudah bisa menikmati hasil dari pohon yang kami tanam ini. Sebab hanya ini yang bisa kami tinggalkan sebagai ungkapan rasa terima kasih kami kepada mereka,” kata Christina Mano  kepada wartawan usai kegiatan pembukaan Jambore Daerah V tingkat Provinsi Papua di Kabupaten Sarmi, Sabtu (25/7).

Dikatakan Mano, pelaksanaan Jambore tingkat daerah selalu terpusat di Bumi Perkemahan Waena, Kota Jayapura.

“Pelaksanaan Jambore daerah kali ini merupakan hasil keputusan Musda yang menetapkan Kabupaten Sarmi sebagai tuan rumah,”ungkapnya.

Diharapkan, kegiatan Jamda tingkat Provinsi Papua ini menjadi ajang saling mengenal satu sama lain, menciptakan kebersamaan dan kekeluargaan, walaupun peserta datang dari berbagai daerah, utara selatan Papua, dari  Merauke, Puncak Jaya, Kota Jayapura, apapun jabatannya di sini sebutannya tetap kakak dan adik.

“Kami berharap melalui kegiatan ini ada jiwa kepemimpinan dan karakter peserta Jambore ini diubahkan. Artinya kalau dulu mereka hanya santai, tidak disipilin, tidak jujur, dengan mengikuti kegiatan ini bisa diubahkan,” harapnya.

Selain itu, pastinya akan menjadi satu pengalaman tak terlupakan. Apalagi bagi adik adik yang bertugas
pada upacara pembukaan yang dihadiri oleh Gubernur.

“Ini pengalaman luar biasa karena bisa bertemu langsung dengan Gubernur, dan ke depan belum tentu mereka akan mendapat kesempatan seperti ini lagi karena usia mereka yang terus bertambah,” tambahnya.

Terkait dengan anggaran kegiatan Jamda, istri Walikota Jayapura ini mengatakan, kurang lebih menghabiskan dana 2 Miliar rupiah yang disahring dari anggaran Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Sarmi.

“Jadi kami berkolaborasi saling melengkapi sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik,” bebernya.

(Piet)
Share it:

PAPUA

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi