News Ticker

Distan SBB Siap Benahi Infrastruktur Pendukung Agrobisnis

Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) melalui Dinas Pertanian dan Peternakan, tahun ini bertekad membenahi infrastruktur pendukung melalui sektor pertanian sebagai upaya untuk mendukung laju pertumbuhan agrobisnis.
Share it:

Piru, 
Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) melalui Dinas Pertanian dan Peternakan, tahun ini bertekad membenahi infrastruktur pendukung melalui sektor pertanian sebagai upaya untuk mendukung laju pertumbuhan agrobisnis.
Ilustrasi Jalan Tani

“Sebagian besar masyarakat menggantungkan hidupnya dari sektor tersebut dimana salah satu infrastruktur pendukung adalah faktor paling menentukan bagi pertumbuhan agrobisnis untuk dapat terpenuhinya akses untuk kelancaran lalu lintas hasil pertanian,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan SBB, Y. Tetelepta kepada Dhara Pos, Rabu (16/7).

Menurutnya, untuk perkebunan ke pasar-pasar tradisional maupun ke terminal melalui program perbaikan jalan tani dengan estimasi anggaran yang begitu besar yang diusulkan dan jika disetujui Pemerintah Pusat, maka dapat dipastikan hasil panen petani yang selama ini terkendala karena kesulitan angkutan sudah dapat diminimalkan.

Rencananya, panjang jalan yang bakal dibenahi dalam usulan tersebut berjarak sekitar 35,3 kilometer, dan tersebar di sejumlah jalan tani di pada 11 kecamatan yang ada.

“Tahun ini, kita memang ingin pengerasan jalan tani. Jadi bukan lagi perintisan seperti sebelumnya,” katanya.

Selain alokasi anggaran APBD Kabupaten SBB, ungkapnya, bantuan infrastuktur jalan tani dan bantuan bibit sayuran kepada kelompok tani tahun ini telah disalurkan dengan baik. Tujuannya, agar distribusi komoditi pertanian lokal dari petani bisa semakin lancar.

“Dengan komoditi pertanian, saya yakin semua ini jelas akan berpengaruh pada kesejahteraan petani, karena semakin bagus infrastruktur, maka cepat atau lambat pertumbuhannya juga akan semakin bagus,” imbuhnya.

Untuk itu, pada tahun ini Distan dan Peternakan SBB juga fokus pada penuntasan program prioritas lainnya. Seperti rehabilitasi irigasi dan pengadaan bibit berkualitas serta alat-alat penunjang pertanian, kelompok usaha tani, jalan tani dan sebagainya.

“Mudah-mudahan dengan berbagai program kami melalui Dinas Pertanian dan Peternakan ini dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat terlebih khususnya petani di Bumi Saka Mese Nusa nantinya akan semakin baik dan berkembang,” pungkasnya. (udy)
Share it:

Ekonomi dan Bisnis

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi