News Ticker

Polres Aru Gelar Apel Kesiapan PAM Swakarsa Pengamanan Pemilu 2023-2024

Bertempat di lapangan apel Polres Kepulauan Aru, Rabu (15/11/2023, berlangsung Apel Kesiapan PAM Swakarsa dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2023 -
Share it:


Dobo, Dharapos.com
- Bertempat di lapangan apel Polres Kepulauan Aru, Rabu (15/11/2023, berlangsung Apel Kesiapan PAM Swakarsa dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2023 - 2024.

Kapolres Aru AKBP Dwi Bachtiar Rivai, S.I.K., M.H memimpin langsung apel kesiapan tersebut.

Perwira Apel Kabag OPS Polres Kepulauan Aru AKP. Morlan. Hutahean, dan Komandan Apel KBO Samapta Polres Kepulauan Aru IPDA Gilang Pradana, S.Tr.K.

Apel diikuti peserta apel diantaranya PJU Polres Kepulauan Aru, personil Babinsa Koramil 1503-03 Dobo, personil Babinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Aru, Satuan Samapta, Satuan Lantas, Polsek Jajaran, Sat Pol PP. Kepulauan Aru, Satpam, Linmas serta anggota Satkamling.

Hadir dalam kegiatan Apel PAM Swakarsa, sebagai berikut, Wakil Bupati Muin Sogalrey, SE, Wakapolres KOMPOL Yami Reawaru, SE, Danramil 1503-03 Dobo. Kapten Inf Doddy Masaoy, Kasi Intel Kejari Aru Romi Prasetio Niti Samito, SH, Kepala Badan Kesbangpol Aru. Joel Gaite, S.Sos dan Sekertaris Sat Pol PP. Aru Arnol Sedubun.

Kapolda Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Kapolres mengatakan apel yang dilaksanakan ini adalah untuk melihat kesiapsiagaan dan upaya meningkatkan PAM Swakarsa guna menjamin keamanan yang kondusif.


Hal ini sejalan dengan UU No 2 Tahun 2002 tentang Polri Pasal 3 mengenai bentuk-bentuk pengamanan swakarsa yang membantu tugas polri dalam menjaga dan memelihara kamtibmas.

“Selain itu, apel ini juga dimaksudkan karena keberhasilan dalam menciptakan situasi kondusif tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat dan peran serta stakeholder terkait,” ungkapnya.

Lanjut Kapolda, ditengah keterbatasan personel, maka peran masyarakat menjadi sangat penting dalam terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Sinergitas antara TNI-Polri dan masyarakat harus terus ditingkatkan dengan melaksanakan kegiatan PAM Swakarsa yang rutin dan intensif.

“Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan program presisi Kapolri, tepatnya pada kebijakan "Transformasi Operasional Polri" yaitu peningkatan peran PAM Swakarsa di lingkungan atau wilayah kerja dan pemantapan pembinaan PAM Swakarsa,” lanjuntya.

Saat ini, kata Kapolda, satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan situasi kamtibmas, terlebih dengan akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan serentak 2024.

“Maka dari itu, saya berpesan agar kehadiran satkamling harus betul-betul bisa menjadi "cooling system" dan profesional sesuai tupoksi dan tanggung jawab di lingkungannya masing-masing. Pemilu harus berjalan dengan aman dan damai serta penuh semangat persaudaraan, jangan ada perselisihan apalagi konflik hanya karena berbeda pilihan. Karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pesannya.


Kemudian, mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi agar tentunya harus berjalan dengan aman dan tertib.

“Karena keberhasilan ini, akan menjadi besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi mapan dalam visi indonesia emas yang yang menyongsong kita cita-citakan bersama,” harapnya.

Sebelum mengakhiri amanat ini, tidak lupa Kapolda menyampaikan terima kasih kepada para stakeholder dan instansi terkait, Karena atas kerjasamanya kegiatan pada pagi hari ini dapat berjalan dengan ancar tanpa ada kendala yang berarti.

“Semoga dengan terlaksanakan kegiatan ini dapat menjadi awal yang baik bagi kita semua dalam menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif di wilayah. Semoga ALLAH SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan petunjuk dan perlindungan, kepada kita dalam masyarakat, bangsa dan negara. kepada bimbingannya pengabdian mewujudkan,” pungkas Kapolda menutup sambutannya.

Kegiatan Apel Kesiapan PAM Swakarsa dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2023 - 2024 di wilayah Polres Kepulauan Aru berjalan aman dan berakhir pada pukul 08.20 WIT.

(dp-31)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi