News Ticker

Perangi HIV-AIDS di Asia, Yayasan Pelangi Maluku Ikuti CCA di Thailand

Yayasan Pelangi Maluku (YPM) mengikuti Konferensi Antar Agama Asia di Bangkok, Thailand.
Share it:


Ambon, Dharapos.com
- Yayasan Pelangi Maluku (YPM) mengikuti Konferensi Antar Agama Asia di Bangkok, Thailand.

Konferensi ini diselenggarakan oleh Christian Conference of Asia (CCA) pada tanggal 23 hingga 25 Januari 2023, dengan menyandang tema "Menuju Penguatan Jaringan Aksi Antaragama untuk Memerangi HIV dan AIDS di Asia".

"Momen ini akan mempertemukan 60 peserta termasuk pemimpin agama-agama besar, organisasi non-pemerintah yang bekerja di bidang HIV dan AIDS, tokoh masyarakat, dan organisasi yang berpikiran sama," ungkap Direktur YPM, Rosano Pentury dalam rilis yang diberikan kepada Dharapos.com, Senin (23/1/2023).

Dijelaskan, dalam pertemuan tersebut akan merundingkan dan memperkuat suara komunitas agama dalam mengadvokasi HIV dan AIDS di kawasan melalui platform Asian Interfaith Network on AIDS (AINA).

Adapun, konferensi ini bertujuan menyediakan platform untuk diskusi, tentang perspektif agama yang relevan dan kontekstual tentang HIV dan AIDS, serta untuk menentukan strategi umum tentang peran lembaga berbasis agama dan agama dalam menanggapi HIV dan AIDS.

"Seperti pencegahan, promosi kesehatan, stigma dan diskriminasi, pengurangan, peningkatan perawatan dan dukungan, serta advokasi di semua tingkatan," ujarnya.

Sesi diskusi, lanjut Pentury, akan menekankan pentingnya kolaborasi antaragama dalam komunitas, guna menciptakan lingkungan harmonis yang akan mendorong inklusivitas dan penerimaan, sehingga mengatasi hambatan utama stigma, khususnya dalam konteks Asia yang beragam.

Sementara itu, dari sambutan yang disampaikan Mr. Surapong Mitrakul, General Secretary, CCT dr. Boonchuary Doojai, AINA, diharapkan pertemuan ini memberikan pencerahan dan Tindakan nyata dari setiap negara untuk melakukannya.

"Masalah kita adalah diskriminasi dari banyak orang. Diskriminasi dari ODHIV masih tinggi, untuk itu  mari memulainya dengan menghargai semua Tindakan yang dilakukan dalam kaitannya dengan menghargai sebuah kemanusiaan," tandasnya.

Untuk diketahui, Christian Conference of Asia (CCA) dibuka langsung oleh General Secretary, Dr. Mathew George, yang diawali dengan doa dari semua pimpinan Agama.

(dp-53)

Share it:

Kesehatan

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi