News Ticker

Sekda : Lomba Layar Darwin Saumlaki Tingkatkan Ekonomi Daerah

Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar memastikan pelaksanaan lomba perahu layar Darwin - Saumlaki atau Darwin - Saumlaki Yacht Race and Rall
Share it:

Pemberian cinderamata berupa ukiran perahu Tumbur oleh Sekda Kepulauan Tanimbar Ruben Benharvioto Moriolkosu kepada Lucille Panting

Saumlaki, Dharapos.com
- Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar  memastikan pelaksanaan lomba perahu layar Darwin - Saumlaki atau Darwin - Saumlaki Yacht Race and Rally 2022 yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata setempat akan sangat membantu pemerintah daerah.

Dalam hal ini, terutama mempromosikan keindahan dan keunikan Kabupaten Kepulauan Tanimbar di luar negeri hingga menarik para investor untuk menginvestasi modal usahanya sehingga membuka lapangan kerja.

"Tentu harapan kita semua kegiatan ini akan memberikan added value atau nilai tambah  bagi perekonomian daerah, meningkatkan pembangunan daerah dan mampu mensejahterakan masyarakat Tanimbar," kata Sekretaris Daerah Kepulauan Tanimbar Ruben Benharvioto Moriolkosu dalam acara welcome ceremony bagi para peserta Darwin Saumlaki Yacht Race and Rally di kompleks kampung kuliner Saumlaki, Kamis (29/9/2022).

Dikatakan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar merupakan entry point dan merupakan pintu masuk bagi para wisatawan domestik lebih khusus bagi kapal-kapal pesiar maupun perahu layar. Atas dasar itulah the Darwin Sailing Club' Inc (DSC) menyelenggarakan perlombaan perahu layar di Saumlaki.

Untuk menjadi daya tarik wisata, melalui kegiatan ini,  Pemda Kepulauan Tanimbar lebih banyak mempromosikan budaya lokal serta  memperkenalkan sejumlah destinasi wisata yang berada di daerah itu untuk dikenal secara langsung.

Paket wisata yang ditawarkan bagi para yachter adalah mengajak mereka untuk mengunjungi lokasi ziarah rohani Kristus Raja Semesta Alam di Findruar, Olilit, mengunjungi desa wisata Tumbur, mengunjungi situs perahu batu di desa Sangliat dol, mengunjungi danau Moru di Lorulun, dan sejumlah destinasi wisata yang lain.

Pengalungan syal tenun dan pemberian cinderamata oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Tanimbar

Sekda menyatakan, upaya ini dilakukan seiring dengan upaya  Pemerintah Indonesia yang terus memiliki target bagi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang harus dicapai pada setiap tahun.

Untuk mencapai target tertinggi tentu bukan hal yang mudah bagi kita yang baru mulai bangkit dari keterpurukan dan ketinggalan pasca pandemi covid 19 yang telah meluluhlantakkan semua sektor, termasuk sektor pariwisata.

Untuk itu, Sekda berpesan kepada Dinas Pariwisata Kepulauan Tanimbar agar semua objek wisata yang memiliki keindahan dan keunikan yang tak dimiliki oleh daerah lain wajib dijaga, dilestarikan dan dikelola secara profesional.

Selain itu, kebersihan, keindahan dan keamanan hotel, penginapan dan losmen perlu di jaga. Begitu juga dengan restoran dan rumah makan perlu dijaga higienitas sajian makanan dan minuman bagi tamu selama berada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

"Selanjutnya, kualitas sumber daya manusia perlu ditingkatkan. Pramusaji dan pemandu wisata perlu di latih secara profesional saat melayani tamu dengan berbahasa asing yang cakap dan berkarakter santun," katanya.

Dengan demikian, lanjutnya,  pelayanan yang baik akan menjadi referensi wisatawan untuk kembali ke Tanimbar.

Selain itu, diharapkan agar terus Dinas Pariwisata terus meningkatkan promosi melalui media-media digital.

Para yachter saat mengikuti welcome ceremony

Ketua Panitia Pelaksana Darwin - Saumlaki Yacht Race and Rally 2022 Lucille Panting menyatakan, Sail Darwin Saumlaki terus digelar karena sejumlah faktor yaitu jarak yang dekat, daya tarik wisata alam dan masyarakat yang ramah.

"Dari Darwin ke Saumlaki ini sangat dekat dan lebih mudah dijangkau oleh peserta Sail Darwin Saumlaki," akuinya.

Lucille menyebutkan, pada tahun ini terjadi peningkatan partisipan sejak 2019 lalu. Tahun ini, ada lebih dari 60 peserta yang terlibat.

"Tahun 2019 itu hanya tujuh perahu layar, sementara tahun ini ada lima belas perahu layar," sebutnya.

Georgia Gibb (15) salah satu peserta termuda menyatakan kebanggaannya saat tiba di Saumlaki dan mengunjungi sejumlah obyek wisata di Tanimbar.

"Saya baru pertama kali ke Tanimbar. Alam Tanimbar ini indah, dan menakjubkan," pujinya.

Sebagai pencinta lingkungan, Georgia berpesan agar kebersihan kota Saumlaki dan desa-desa yang dia kunjungi perlu menjadi perhatian semua pihak.

(dp-18)

Share it:

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi