News Ticker

Jadi Irup Peringatan Harhubnas 2022, Gubernur MI Sampaikan Amanah Menhub RI

Gubernur Murad Ismail menjadi Inspektur upacara (irup) dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2
Share it:


Ambon, Dharapos.com
- Gubernur Murad Ismail menjadi Inspektur upacara (irup) dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022, yang di pusatkan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Sabtu (17/9/2022).

Dalam upacara tersebut hadir Forkopimda Provinsi Maluku, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, para pimpinan instansi vertikal dan lingkup Pemerintah Provinsi Malku, pimpinan perbankan, BUMN/BUMD, jajaran pegawai dari Dinas Perhubungan Maluku serta perwakilan TNI/Polri, Satpol PP setta insan transportasi.

Dalam amanatnya yang dibacakan Gubernur, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, di tengah masa pemulihan dari pandemi, banyak negara mengalami krisis ekonomi dengan tingkat inflasi yang  melambung tinggi.

"Namun kita patut bersyukur Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini," kata Menhub.

Di sektor transportasi nasional, sebut Menhub Budi Karya, kebangkitan itu mulai terlihat, dimana, data BPS menunjukan sektor transportasi telah berhasil tumbuh 21, 27 persen di kuartal kedua tahun 2022, dan memberi sumbangan positif, terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44 persen.

"Pencapaian ini,  harus kita syukuri ditengah tantangan, sektor transportasi masih memberi kontribusi yang berarti bagi Indonesia," ujarnya.

Untuk itu, Menhub menyampaikan terimakasih sebesar- besarnya kepada seluruh insan transportasi di manapun berada, yang bertugas di kota, di desa, di perbatasan dan di pulau pulau terpencil, yang telah mengabdi demi menjaga konektivitas di seluruh penjuru negeri.

Menhub mengajak untuk tetap mengenang jasa-jasa para pendahulu, yang telah gugur dalam tugas memajukan transportasi Indonesia.

"Kita kenang mereka semua sebagai pahlawan transportasi," ujarnya.

Menhub juga mengingatkan, di tengah pencapaian yang baik ini, harus diakui masih banyak hal yang harus dibenahi.

Dikatakannya, banyak pembangunan yang harus dituntaskan untuk meningkatkan konektivitas di seluruh nusantara.

"Masih banyak pekerjaan rumah untuk meningkatkan keselamatan transportasi, perlu lebih agresif lagi, untuk menciptakan integrasi antar moda di seluruh Indonesia, dan juga tantangan-tantangan lainnya," tuturnya.

Tantangan tersebut, tegas Menhub, tidak akan bisa dihadapi, tanpa kolaborasi, tanpa sinergi antara pemangku kepentingan di sektor transportasi. 

Oleh karena itulah, Hari Perhubungan tahun ini mengambil tema "Bangkit Maju Bersama", kita tak akan cepat bangkit jika kita tidak bersama dan tidak bersatu. Ibarat kata pepatah, " Sebatang lidi akan mudah dipatahkan, tapi segenggam lidi akan sulit diruntuhkan".

"Begitu juga seluruh stakeholders harus bahu membahu, untuk membangkitkan kembali sektor transportasi, tentu dengan peran kita masing-masing. Semuanya untuk menopang berbagai sektor kehidupan masyarakat, yang akan berdampak pada terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur, sesuai cita cita bersama," tukasnya.

(dp-19)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi