News Ticker

Pemprov Maluku Peringati HLH Sedunia 2022

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menyelenggarakan peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia tahun 2022, bertempat di pelataran Gedung Islamic
Share it:

Momen penyerahan Sertifikat Proper tahun 2021-2022 kepada 16 perusahaan oleh Penjabat Sekda Maluku  

Ambon, Dharapos.com 
- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menyelenggarakan peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia tahun 2022, bertempat di pelataran Gedung Islamic Center, Kota Ambon, Kamis, (9/6/2022).

Hajatan yang digelar Dinas Lingkungan Hidup setempat mengusung tema "Satu Bumi untuk Masa Depan", merupakan peringatan 50 tahun Konferensi Stockholm yang telah meletakkan dasar pengaturan global mengenai perlindungan lingkungan dan dalam hubungan pembangunan dengan alam dan manusia.

Kegiatan ini dihadiri beberapa pejabat daerah seperti Penjabat Sekda Maluku Sadli Ie, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Maluku Meikyal Pontoh, Assisten Administrasi Umum Habiba Saimima, Ketua TP - PKK Provinsi Maluku Ny. Widya Pratiwi Murad, Penjabat Bupati Kabupaten KKT Danny Indey, Penjabat Walikota Ambon Boedewin Wattimena dan undangan lainnya.

Menteri LH dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam sambutannya yang dibacakan Penjabat Sekda Maluku Sadli Ie mewakil Gubernur Murad Ismail mengatakan, peringatan HLH Tahun 2022, menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk terus memperbaiki
dalam perilaku adil terhadap lingkungan.

"Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif. Tidak lain, dalam satu arah sejalan dengan tujuan nasional dan cita-cita bangsa. Saya menyampaikan terima kasih, apresiasi dan penghargaan atas kerja keras seluruh elemen bangsa, seluruh masyarakat, jurnalis dan juga jajaran birokrasi lapangan," kata Menteri Nurbaya.

Menurutnya, tantangan kedepan tidak lebih mudah. Obyektivitas dan kejernihan dalam melihat masalah dan membangun artikulasi penyelesaian masalah merupakan pijakan kolaborasi yang sangat penting. 

Sementara di sisi lain, pembangunan lingkungan di Indonesia dalam perjalanannya, secara praktis
melembaga dan semakin beraktualisasi dengan nyata.

"Kondisi tersebut memberikan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia diantara negara-negara di dunia, dimana Indonesia cukup gigih bekerja dalam aspek lingkungan," ungkap Nurbaya.

pada peringatan HLH kali ini dilakukan penyerahan Sertifikat Proper tahun 2021-2022 kepada 16 perusahaan oleh Penjabat Sekda didampingi Kadis Lingkungan Hidup Maluku.

Proper merupakan suatu Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Belasan perusahaan tersebut masing-masing :

A. Kategori Peringkat Hijau :

PT. Pertamina Patra Niaga Subholding C & T Integrated Terminal Wayame dan PT.  Patra Niaga DPPU Pattimura.

B. Kategori Peringkat Biru :

PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Masohi / Namlea / Saumlaki / Tual, Citic Seram Energi Limited, PT. Semen Tonasa Ambon, PT. PLN (Persero) PLTD Langgur / Poka / Saparua / Hative Kecil / Kairatu / Wamar / Namlea dan Saumlaki.

Dilanjutkan penyerahan bantuan sarana tempat sampah oleh Ketua TP-PKK Maluku Ny. Widya Pratiwi Murad kepada lima tokoh agama yakni Ketua MPH sinode   GPM, Ketua MUI Maluku, Ketua Walubi, Uskup Amboina dan Ketua Persada Hindu Dharma Maluku.

(dp-19)

Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi