Bupati Fatlolon : "Operator Sekolah Di Tanimbar Adalah Pahlawan Pendidikan".

Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon mendeklarasikan segenap operator pendataan pendidikan semua jenjang satuan pendidikan di Kabupaten itu yang
Share it:


Penandatanganan berita acara pelantikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Tanimbar , Kepala Dinas Cabang SMA dan SMK Kabupaten Kepulauan Tanimbar dengan FOPPSI Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang  di saksikan oleh Bupati Kepulauan Tanimbar.

Saumlaki, Dharapos.com - Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon mendeklarasikan segenap operator pendataan pendidikan semua jenjang satuan pendidikan di Kabupaten itu yang tergabung dalam Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (FOPPSI) sebagai pahlawan pendidikan di daerah berjuluk negeri Duan -Lolat itu.

Pernyataan Bupati Fatlolon itu disampaikan dalam acara pengukuhan kepengurusan FOPPSI Kabupaten Kepulauan Tanimbar periode 2022 - 2025  yang berlangsung di pendopo Bupati,  Jumat (13/5/2022).

Dikatakan, meskipun belum dilantik namun para operator sekolah ini telah berjuang dan mengabdi memberikan pelayanan yang terbaik di sekolah-sekolah yang tersebar di pelosok kecamatan dan desa se Tanimbar selama tujuh tahun.

"Karena itu, saya menyampaikan bahwa teman-teman operator ini sesungguhnya adalah pahlawan-pahlawan pendidikan yang sudah mengabdi di desa-desa, di pulau-pulau tanpa memandang hambatan transportasi yang cuacanya kadang menghambat perjalanan teman-teman dari satu desa ke desa yang lain. Dari tempat ini saya mendeklarasikan teman-teman operator sebagai pahlawan pendidikan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar," kata Bupati.

Bupati Petrus Fatlolon saat memberikan sambutan.

Menurut Bupati, jumlah operator sekolah di Tanimbar masih sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah 400 sekolah. Sesuai laporan yang dia terima, seorang operator sekolah bisa melayani hingga lima sekolah.

Untuk itu, atas nama pemerintah daerah menyampaikan terima kasih dan mengajak para operator untuk terus mengabdi kepada masyarakat di kabupaten Kepulauan Tanimbar, karena saat ini bidang pendidikan menjadi prioritas pembangunan.

Selanjutnya menekankan tugas-tugas mandatori yang perlu menjadi perhatian para operator sekolah untuk menyajikan dengan baik kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan, karena berpengaruh terhadap berbagai kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten, Pemerintah Provinsi Maluku, maupun Kementerian Pendidikan Nasional.

"Tentu teman-teman operator tidak bisa bekerja sendiri. Butuh koordinasi, kerjasama, komunikasi dan bahkan kolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Tanimbar demikian juga dengan Cabang pendidikan Provinsi Maluku dalam rangka untuk menyelamatkan persepsi tentang pendataan yang akurat dan kemudian dalam rangka juga untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan praktis yang dihadapi di lapangan,"pesannya.

Bupati berharap agar FOPPSI di Tanimbar membentuk tim kerja yang baik untuk mewujudkan satu visi yaitu mewujudkan kualitas pendidikan yang baik di kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Bupati juga meminta kepala dinas pendidikan kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk membantu memfasilitasi kebutuhan FOPPSI di Tanimbar, termasuk merencanakan untuk membangun sekretariat FOPPSI.

Pengurus Pusat FOPPSI menerbitkan SK  nomor : 016.a/A1-KEP/PP-FOPPSI/IX/2021 tanggal 19 September 2021 tentang personalia Bandan Penasehat dan Pengurus FOPPSI Kabupaten Kepulauan Tanimbar periode 2022-2025.

Dalam SK tersebut, Yulius Matheus Batfutu ditetapkan sebagai Ketua, Markus Batmetan sebagai Sekretaris dan Anna Nusmese sebagai bendahara. Tertera pula susunan personalia lain yang ditempati oleh para operator dari untuk kerja masing-masing.

Ketua FOPPSI Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Yulius Matheus Batfutu dalam sambutannya menyatakan segenap operator pendataan pendidikan semua jenjang satuan pendidikan merupakan organisasi perjuangan, organisasi profesi dan organisasi ketenagakerjaan yang memelihara mempertahankan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa yang dijiwai semangat kekeluargaan, kesetiakawanan sosial yang kokoh serta sejahtera lahir batin dan kesejahteraan organisasi baik nasional maupun internasional.

Ketua FOPPSI Kabupaten Kepulauan Tanimbar saat memberikan sambutan.

FOPPSI adalah organisasi yang bersifat unitaristik tanpa memandang perbedaan ijazah tempat kerja kedudukan agama suku golongan gender dan asal-usul. Selain itu FOPPSI independen yang berlandaskan pada prinsip kemandirian organisasi dengan mengutamakan kemitrasejajaran dengan berbagai pihak. FOPPSI adalah organisasi non partai politik atau bukan merupakan bagian dari dan tidak berafiliasi kepada partai politik.

Batfutu menyatakan, FOPPSI Kabupaten Kepulauan Tanimbar sendiri dibentuk dan dideklarasikan di kota Saumlaki bertempat di Hotel Harapan Indah, 21 Oktober 2015 oleh para operator sekolah yang berasal dari 10 kecamatan masing-masing dengan latar belakang yang berbeda-beda. Saat itu, FOPPSI Tanimbar beranggotakan tiga puluh orang.

Berdasarkan aplikasi Dapodikdasmen atau data pokok pendidikan dasar dan menengah, terdiri dari 115 TK dan PAUD, 123 SD, 68 SMP, 27 SMA dan SMK.

"Usia kami saat ini sudah 7 tahun, sperti usia masuk sekolah SD. Kami berharap semoga kami mendapatkan status, tempat yang layak pada unit kerja kami. Sehingga silih berganti pimpinan sekolah kami tetap ada. Pendidikan ini abadi jadi kami jangan diganti-ganti," pinta Batfutu.


Foto bersama usai pelantikan.

Sesuai pantauan, setelah pelantikan  dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Tanimbar , Kepala Dinas Cabang SMA dan SMK Kabupaten Kepulauan Tanimbar dengan FOPPSI Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang  di saksikan oleh Bupati Kepulauan Tanimbar.


(dp-18).

Share it:

FOPPSI

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi