10 Tahun Difungsikan, Akhirnya Dermaga Ferry Saumlaki Diresmikan.

Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon meresmikan dermaga penyeberangan Ferry Saumlaki, Jumat (12/5/2022).
Share it:


Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon meresmikan dermaga penyeberangan Ferry Saumlaki, Jumat (12/5/2022).

Saumlaki, Dharapos.com - Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon meresmikan dermaga penyeberangan Ferry Saumlaki, Jumat (12/5/2022).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Mynrik Batlolona Batlolona menyatakan, dermaga penyeberangan Ferry Saumlaki merupakan salah satu dari tiga dermaga penyeberangan di kabupaten Kepulauan Tanimbar. Pekerjaan dermaga penyeberangan Ferry Saumlaki ini dilakukan secara bertahap yaitu tahap pertama sampai tahap ketujuh sejak tahun 2005 dengan jumlah anggaran Rp.23.941.600.000.

Dermaga penyeberangan Saumlaki selesai dibangun pada tahun 2012 dan langsung dioperasikan untuk melayani kapal-kapal bongkar muat penyeberangan walaupun belum dilakukan peresmian terhadap pembangunan dermaga tersebut.

Menurutnya, masalah konektivitas antar wilayah menjadi perhatian pemerintah daerah dalam melahirkan berbagai kebijakan guna mendorong tersedianya  prasarana dan sarana transportasi yang memadai, evektif dan efisien sehingga dapat mengurangi beban biaya yang lebih tinggi.

"Angkutan penyeberangan adalah salah satu bentuk sistem transportasi yang diperlukan untuk menjangkau daerah-daerah yang dibatasi oleh sungai dan laut . Dengan adanya fasilitas ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan transportasi antar daerah yang pembangunan dan perkembangan wilayah di Kabupaten Kepulauan Tanimbar," katanya.

Memperhatikan kondisi dermaga penyeberangan pelabuhan, areal penyeberangan yang banyak mengalami kerusakan yang dapat mengganggu aktivitas pelabuhan maka pada tahun anggaran 2021, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang transportasi, dilakukan perbaikan atas beberapa bagian komponen dermaga dengan anggaran sebesar Rp. 13.761.749.000.

Terperinci, total anggaran tersebut terdiri dari  rehabilitasi movable brigde dan areal parkir kendaraan dengan anggaran sebesar Rp. 4.241.327.985, rehabilitasi gedung terminal penumpang sebesar Rp 52.725.000, rehabilitasi trestle dengan anggaran sebesar Rp.180.500.000, pemasangan frontal frent  dengan anggaran sebesar Rp.586.774.777.

Gerson Luanmasa, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Moses Serin, pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) menyebutkan, dalam tahun anggaran 2022 ini akan ada pekerjaan lanjutan sejumlah fasilitas dermaga penyeberangan Ferry Saumlaki yang belum dianggarkan di tahun kemarin.

Dalam sambutannya, bupati Petrus menyatakan, pekerjaan perbaikan dermaga penyeberangan Ferry dan peresmian ini merupakan jawaban atas berbagai kebutuhan masyarakat terutama dalam transportasi laut.

"Kita tahu bersama bahwa Kabupaten Kepulauan Tanimbar merupakan kabupaten yang terdiri dari berbagai pulau, oleh karena itu maka kebutuhan akan adanya dermaga pelabuhan ferry sangatlah penting. Transportasi laut ini sangat penting untuk menjawab kebutuhan konektivitas di Kabupaten Kepulauan Tanimbar," kata Bupati.

Menurutnya, sejumlah fasilitas dermaga penyeberangan Ferry Saumlaki ini terbilang berkualitas baik dan pekerjaan perbaikannya berjalan tepat waktu.

Untuk itu bupati berpesan kepada kepala dinas perhubungan dan stafnya agar perlu merawat, memelihara dan menjaga dengan baik aset pemerintah yang menghabiskan anggaran belasan miliar rupiah itu dengan baik sehingga bisa bertahan lama dan  memberikan manfaat besar kepada masyarakat.

Dikesempatan itu, Bupati menyampaikan pula bahwa di penghujung masa kerjanya sebagai Kepala Daerah periode 2017-2022 ini, dia telah berupaya untuk menyelesaikan seluruh program kerjanya, kendati ada sejumlah kebutuhan masyarakat yang belum berhasil diselesaikan.

"Hal ini disebabkan karena adanya keterbatasan yang kita miliki di daerah, demikian pula ada program pembatasan yang diperintahkan dari pemerintah pusat untuk harus kita lakukan. Inilah yang menjadi terhambat sehingga beberapa program kegiatan belum dapat kita lanjutkan pada masa jabatan saya tahun 2017 sampai dengan saat ini," katanya.

Bupati Petrus Fatlolon bersama Sekda Ruben Moriolkosu Mynrik Batlolona berfoto dengan staf dinas Perhubungan usai peresmian dermaga ferry Saumlaki.

Bupati berharap, di tahun-tahun yang akan datang, pemerintah daerah akan terus memprogramkan pembangunan fasilitas lain yang menunjang pelaksanaan roda ekonomi,  menjawab seluruh kebutuhan transportasi konektivitas antar pulau di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Sebelum diresmikan oleh bupati, digelar doa adat oleh perwakilan para tetua adat marga Fanumby dan Belay dari desa Olilit dan dilanjutkan dengan doa dan pemberkatan dermaga oleh pastor Yoppy Sorluri,Pr.


Pewarta : Novie Kotngoran

Share it:

Dermaga Ferry Saumlaki

Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi