Kemen-PUPR Upayakan Percepatan Pembangunan Jalan Lintas Kei Besar Rampung 2023

Kementerian PUPR Upayakan Percepatan Pembangunan Jalan Lintas Kei Besar
Share it:

Peta Kepulauan Kei

Langgur, Dharapos.com
- Keberadaan tim dari Direktorat Jenderal Preservasi Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) di Kabupaten Maluku Tenggara  merupakan  tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo.

Hal tersebut disampaikan Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II Ditjen Bina Marga Thomas Setiabudi Aden.

Ia menjelaskan, keberadaan tim monitoring ini guna mengupayakan dan mendorong percepatan pembangunan akses jalan lintas pulau Kei Besar dalam tahun ini.

"Kami sementara melakukan survei untuk peningkatan jalan hotmix sepanjang 19 km. Itu kita masih proses, survei, kita finalisasi desain, mungkin kuartal ketiga (Juli-Agustus September ) tahun 2022," hal tersebut dikatakannya usai pertemuan dengan Bupati Malra M. Thaher Hanubun di Langgur, Kamis (20/1/2022).

Adapun jalan yang akan dikerjakan yaitu ruas jalan dari Ohoi Fako di Kecamatan Kei Besar hingga Ohoi Holat di kecamatan Kei Besar Utara Timur.

Menurutnya, tim monitoring ini tidak hanya fokus di pulau Kei Besar tetapi juga Kei Kecil.

Selain itu, lanjut Setiabudi, pengembangan infrastruktur jalan di pulau Kei Besar harus mendapatkan perhatian serius dengan adanya peningkatan proyek-proyek pembangunan di wilayah itu.

Ia pun berharap dengan bertambahnya proyek proyek pembangunan di pulau Kei Besar akan meningkatkan kesejahteraan. Dan juga mengurangi kesenjangan antara Kei Kecil dan Kei besar serta berupaya menyelesaikan jalan tersebut pada 2023 mendatang.

“Selain itu juga, dengan terbukanya akses jalan dapat meningkatkan ekonomi serta bidang pertanian, perikanan maupun kesehatan dan pendidikan,” tandasnya.

Pihaknya juga, tegas Setiabudi, akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kapasitas jalan di pulau Kei Besar.

"Kita coba menyelesaikan lintas timur. Yang barat akan ditangani pak Bupati. Saya akan meminta Balai melakukan survei untuk akses jalan timur ke barat. Mudah - mudahan kita bisa wujudkan di tahun ini," tukas Setiabudi .

Terkait jalan trans Kei Besar masuk dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang rencana pembangunan jangka menengah nasional tahun 2020-2024.

(dp-52)

Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi