News Ticker

SMI : Pinjaman Daerah Bentuk Dukungan Pempus Bangun Wilayah

Pinjaman Daerah merupakan bentuk dukungan Pemerintah pusat kepada proses pembangunan di sebuah wilayah melalui PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI).
Share it:

Momen penandatangan kesepakatan pinjaman Pemkab Malra ke PT SMI sebesar Rp100 Miliar 
Langgur, Dharapos.com - Pinjaman Daerah merupakan bentuk dukungan Pemerintah pusat kepada proses pembangunan di sebuah wilayah melalui PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

"Dengan adanya pinjaman daerah, Pemda dapat mengakselerasi rencana pembangunan untuk terus menggerakkan roda perekonomian, dan Pemda juga dapat mempercepat penyediaan kebutuhan infrastruktur dan memenuhi layanan publik," ungkap Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI, Sylvi J. Gani dalam siaran persnya, Senin (22/11/2021).

Dalam proses pemberian pinjaman, PT SMI selalu mengedepankan transparansi dan akuntabilitas dengan berkoordinasi kepada Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri.

PT SMI, sebut Sylvi, tentunya akan melakukan monitoring secara rutin atas realisasi pinjaman, agar anggaran yang tlah diberikan tepat sasaran.

Dengan selalu menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), transparansi, dan akuntabilitas dalam implementasi bisnisnya, dukungan fasilitas pinjaman daerah melalui PT SMI ini diharapkan dapat memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat di Maluku Tenggara,

“PT SMI aktif mendukung pelaksanaan KPBU dan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah melalui produk pinjaman daerah,” tutup Sylvi.

Perlu diketahui PT SMI menyetujui usulan pinjaman daerah Pemkab Malra sebesar Rp100 miliar dalam rangka membantu mewujudkan peningkatan konektivitas daerah.

Penandatanganan perjanjian pinjaman daerah dilakukan secara langsung oleh Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI – Sylvi J. Gani bersama Bupati Malra M. Thaher Hanubun, di Kantor PT SMI (18/11/2021). 

Pinjaman Daerah ini akan dialokasikan oleh Pemkab untuk membiayai pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan daerah, yakni Jalan Hotmix Ruas Sp. Ngurdu-Bombay-Ad-Ohoiraut, jalan hotmix ruas Sp. Elat-Weduar (Segmen Tamangil-Weduar), jalan hotmix ruas  Ohoidertawun Bawah-Ngiarwarat-Ohililir, serta jalan Elat-Werka-Wetuar-Tamangil-Weduar Feer (Segmen Karkarit/Harangur).

Proposal pinjaman yang diajukan Pemkab Maluku Tenggara kepada PT SMI sebelumnya telah melalui syarat verifikasi. 

Syarat dalam perjanjian pembiayaan antara PT SMI dengan Pemda harus mengakomodir beberapa ketentuan, yakni transparansi rencana pengadaan barang dan jasa Pemerintah, keterbukaan informasi akan regulasi perencanaan dan konstruksi dari kementerian terkait, informasi kualifikasi calon konsultan/kontraktor, serta rencana mitigasi risiko atas dampak sosial dan dampak lingkungan dari calon lokasi proyek infrastruktur yang direncanakan.

Setelah proses pinjaman terverifikasi dan disetujui, dana kemudian disalurkan kepada Pemerintah Daerah oleh PT SMI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan.

Kemudian, dalam pelaksanaan pinjaman daerah ini, prinsip-prinsip tata kelola yang baik dan kehati-hatian merupakan norma standar dalam pelaksanaan analisis permohonan pinjaman daerah, selain koordinasi bersama dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri.

(dp-52)

Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi