Wagub Orno : Minat Berolahraga Masyarakat Terus Meningkat

Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno menghadiri peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 yang jatuh pada 9 September 2021.
Share it:

Wagub Maluku Barnabas Orno pose bersama mantan petinju Nico Thomas

Ambon, Dharapos.com
- Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno menghadiri peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 yang jatuh pada 9 September 2021.

Giat bertempat di lantai VII Kantor Gubernur setempat, Kamis (9/9/2021).

Sementara puncak pelaksanaan Haornas berlangsung di GOR POPKI Kemenpora, Cibubur (Jakarta), menerapkan  protokol kesehatan Covid-19 yang sangat ketat.

Selain Wagub, beberapa pejabat daerah lainnya juga hadir, seperti Plh Sekda Sadali Ie, Kadispora Sandi Wattimena, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, Kepala BINDA Maluku Jimmy Aritonang, Kepala BNN Maluku Rohmad Nursahid, Staf Ahli Pangdam XVI/Pattimura Ujang Sudrajad, Dansat Brimob Guntur, dan tamu undangan lainnya.

Wagub menerangkan, UU Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional mengamanatkan, olahraga dibagi menjadi tiga pilar yaitu olahraga pendidikan, prestasi dan rekreasi.

Ketiga pilar tersebut dilaksanakan melalui pembinaan dan pengembangan olahraga secara terencana, sistematik, berjenjang dan berkelanjutan.

"Sejauh ini, saya melihat minat masyarakat terus meningkat untuk berolahraga. Saya berharap, ini akan menjadi budaya orang Maluku yang akan kita warisi ke anak dan cucu kita nanti," harapnya.

Menurut Wagub, Maluku memiliki potensi sumber daya manusia yang dapat digiring menjadi atlet-atlet berbakat. Untuk itu, diperlukan upaya strategis dalam mengelola sistem perekrutan, pembinaan dan pengembangan atlet.

Mengenai hal tersebut, melalui momentum peringatan Haornas ke-38 ini, diperlukan komitmen bersama untuk mengoptimalkan sistem pembinaan dan pengembangan olahraga yang terintegrasi untuk memajukan olahraga di Maluku.

"Beberapa waktu kedepan, akan diadakan PON XX dan Pekan Paralympic Nasional ke-16 di Papua. Untuk itu, berbagai persiapan untuk mengikuti pentas olahraga tersebut harus disiapkan dengan matang dan lebih optimal, agar diperoleh hasil yang lebih baik,” dorongnya.

Dan bagi para atlet yang akan bertanding nanti, lanjut Wagub, dihimbau untuk terus berlatih agar bisa meraih prestasi terbaik yang akan membuat mereka menjadi sejarah dimasa depan.

Mantan Bupati Kabupaten MBD ini menjelaskan, peringatan Haornas kali ini, akan diberikan penghargaan kepada para olahragawan yang memiliki bakat dan prestasi serta berdedikasi, sebagai bentuk kepedulian dari pemerintah.

Pemberian penghargaan olahraga tersebut, lanjut Wagub, merupakan cetusan aspirasi dari pemerintah dan masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap insan olahraga dan merupakan dorongan kepada segenap elemen masyarakat untuk aktif berolahraga disepanjang hayat.

"Sesuai tema Haornas tahun ini, adalah Grand Desain Olahraga Nasional menuju Indonesia Maju.  Memiliki makna dimana pemerintah dan masyarakat berkewajiban memajukan olahraga secara masif untuk mereview total terhadap ekosistem olahraga nasional," tutup Wagub.

Pada kesempatan itu juga diberikan penghargaan kepada para mantan atlet dan atlet yang telah mengharumkan nama negara dan Provinsi Maluku.

Mereka antara lain Nico Thomas dan Ellyas Pical dari cabang tinju, Alvin Tehupieory dan Elfin Sesa dari cabor atletik serta M. Yamin Rahayaan dari cabang kempo.

Selain itu, Pemda Maluku juga memberikan uang sebesar Rp25 juta.

(dp-19)

Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi