News Ticker

Resmikan Gedung Perpustakaan - Lab MIPA IAIN Ambon, Ini Harapan Gubernur

Gubernur Maluku Murad Ismail, Sabtu (25/9/2021), meresmikan Gedung Perpustakaan dan Gedung Laboratorium MIPA Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.
Share it:

Gubernur Maluku Murad Ismail, saat menandatangani prasasti peresmian Gedung Perpustakaan dan Gedung Laboratorium MIPA IAIN Ambon, Sabtu (25/9/2021)

Ambon, Dharapos.com
- Gubernur Maluku Murad Ismail, Sabtu (25/9/2021), meresmikan Gedung Perpustakaan dan Gedung Laboratorium MIPA Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.

Prosesi peresmian di kampus IAIN Ambon, STAIN ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur dan peninjauan gedung yang rusak akibat musibah gempa bumi yang terjadi di Kota Ambon, pada 2019 lalu.

Dalam sambutannya, atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, Gubernur menyambut gembira pembangunan  dua gedung yang di nilai sangat strategis ini.

Ia pun berharap, pembangunan dua gedung tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan akademik kepada seluruh civitas akademika di lingkungan IAIN Ambon.

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, musibah gempa bumi di Kota Ambon dan sekitarnya pada 2019 lalu, telah mengakibatkan kerusakan pada sejumlah infrastruktur di Kota Ambon, termasuk gedung perpustakaan dan laboratorium di lingkungan IAIN Ambon. Kondisi tersebut tentu sangat memprihatinkan, karena menganggu  proses akademika di  IAIN Ambon," akuinya.

Dikatakan, fungsi perpustakaan dan laboratorium adalah sebagai jantung ilmu pengetahuan yang menunjang seluruh aktivitas akademik di Perguruan Tinggi.

Oleh sebab itu, pasca gempa bumi tersebut, Pemprov Maluku telah memberi perhatian serius terhadap pembangunan kembali dua  fasilitas akademik yang sangat strategis ini.

"Saya berharap keberadaan gedung perpustakaan dan laboratorium MIPA dengan berbagai fasilitas yang baru dan megah ini, dapat digunakan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh civitas akademika IAIN Ambon untuk mengolah, merawat, melestarikan, mengembangkan dan melahirkan karya-karya ilmu pengetahuan dan teknologi yang membawa manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Maluku," harapnya.

Pada kesempatan itu, mantan Dankor Brimob Polri ini juga menyampaikan, jika Pemprov Maluku tengah fokus untuk mengembangkan berbagai potensi sumber daya alam (SDA) kelautan yang dimiliki, sehingga pihaknya memerlukan gagasan-gagasan yang inovatif dalam upaya mengelola dan mengembangkan potensi yang ada.

"Saya berharap, dengan berbagai fasilitas baru yang dimiliki IAIN Ambon saat ini, maka dapat mengambil peran keilmuan yang lebih besar lagi dalam upaya pembangunan dunia kelautan  dan pesisir yang sedang digalakan oleh Pemprov Maluku," harapnya.

Berkaitan dengan hal itu, Pemprov Maluku, kata Gubernur, tentu akan memberikan dukungan kebijakan sesuai ketentuan dan kewenangan yang ada.

Apalagi keinginan tersebut sejalan dengan visi  Pemprov Maluku yakni, untuk mewujudkan Maluku yang terkelola secara jujur, bersih, dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan.

"Untuk itu, besar harapan saya, IAIN Ambon terus berkembang menjadi Perguruan Tinggi yang maju dan berkualitas.

Menjadi  MENJADI “Kawah Candra di muka” dalam melahirkan sumber daya manusia yang akan memberikan kontribusi dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, umat, bangsa dan negara," tandas Gubernur.

Acara peresmian dihadiri Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti (Secara virtual), Plh Sekda Maluku Sadli Ie, Kadis PU Muhammat Marasabessy, Ka Kanwil Agama Maluku Djamaluddin Bugis, Kepala Balai Sarana Pemukiman Wilayah Maluku Abdul Halil Kastella, Kabid Humas Polda Maluku M. Roem Ohoirat, Ketua MUI Maluku Abdullah Latuapo, Rektor IAIN Ambon Zainal Abidin Rahawarin, para Dosen serta Civitas Akademika IAIN Ambon.

(dp-19)

Share it:

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi