News Ticker

Bupati Thaher Pastikan Pemda Fokus Perkuat Desa

Bupati M. Thaher Hanubun hadir dalam penilaian Lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2021.
Share it:

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun

Langgur, Dharapos.com
- Bupati M. Thaher Hanubun hadir dalam penilaian Lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2021.

Sekaligus, penyerahan Bantuan Pekarangan Pangan Lestari kepada Kelompok Pengelola P2L di Ohoi Somlain.

Giat tersebut bertempat di Ohoi Somlain, Kecamatan Kei Kecil Barat, Senin (7/6/2021).

Bupati  dalam sambutannya, menyatakan desa atau ohoi adalah sebuah kawasan yang sering dipersepsikan orang sebagai tempat yang nyaman dan indah, meski kadang menyimpan sebuah potret buram kemiskinan.

“Citra buruk itulah yang hendak dihapus oleh Pemerintah,” tegasnya.

Untuk itu, mulai 2015 Pemerintah secara bertahap menjalankan amanat yang tertera pada UU tentang Desa dimana didalamnya ada kewajiban Pemerintah memberikan Dana Desa dan Dana Ohoi.

Tekad membangun desa, sejalan dengan upaya Pemerintah dalam mewujudkan Program Nawa Cita, yang salah satunya adalah Membangun Indonesia dari Pinggiran" dengan cara memperkuat daerah-daerah dan desa dalam bingkai NKRI.

Hal tersebut juga, kemudian telah ditindaklanjuti dalam RPJMD Kabupaten Maluku Tenggara Periode 2018 – 2023 dengan menempatkan Ohoi sebagai subyek pembangunan dan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ohoi mempunyai kewenangan untuk mengatur sendiri pembangunan yang dilakukan di wilayahnya agar memudahkan Ohoi dalam mewujudkan kesejahteraan bagi warganya.

Dalam kerangka pembangunan dari pinggiran tersebut, Pemda berfungsi sebagai motivator dan fasilitator.

Sebagai motivator dan fasilitator, Pemda berkewajiban membangun infrastruktur yang ada di daerah seperti pembangunan jalan, Puskesmas, sekolah, pasar, akses penerangan Listrik dan lain-lain guna peningkatan akses konektivitas untuk mendukung pertumbungan ekonomi.

Dalam rangka percepatan pembangunan di daerah, Pemda juga membangun sinergitas dengan semua stakeholder yang ada di daerah termasuk Tim Penggerak PKK Kabupaten Malra dengan semua jajarannya.

Dalam Tahun 2020 kemarin, kontribusi Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tenggara dan jajarannya dalam mendukung program-program Pemerintah daerah sangatlah significan.

Hal tersebut dibuktikan dengan, kegiatan-kegiatan PKK dalam rangka penurunan stunting dan ketahanan pangan keluarga melalui revitalisasi kelompok-kelompok Dasawisma, teristimewa dalam menghadapi wabah pandemi Covid-19.

Penyerahan bantuan Pekarangan Pangan Lestari kepada Kelompok Pengelola P2L di Ohoi Somlain

Walaupun dalam kondisi pandemi Covid – 19, Pemkab Malra dalam penanganan program-program tersebut, pertama-tana mendapatkan hasil yang memuaskan yang ditandai dengan pemberian penghargaan dari Pemerintah Provinsi Maluku sebagai " Peringkat Terbaik Aksi Konvergensi Penanganan Stunting Tingkat Provinsi Maluku dan Penghargaan Kabupaten Paling Inovatif dalam Aksi Konvergensi Penangan Stunting, baik di 2020 maupun 2021.

Dari kinerja tersebut, Pemprov mengusulkan Kabupaten Malra sebagai Pilot Project Penanganan Stunting untuk mewakili Provinsi Maluku dalam lomba tingkat Nasional Tahun 2021.

Disamping itu, Tim Penggerak PKK Kabupaten dan jajarannya melalui Revitalisasi Kelompok-kelompok Dasawisma ikut berkontribusi membawa harum Kabupaten Malra dalam meraih "TPID AWARD" Tingkat Nasional Tahun 2020.

“Olehnya itu, saya menghimbau kepada semua Camat dan Kepala Ohoi/Pejabat Kepala Ohoi selaku Pembina Tim Penggerak PKK di wilayah masing-masing untuk senantiasa mendukung program-program PKK guna percepatan pembangunan di Ohoi,” harapnya.

Bersamaan dengan kegiatan penilaian Lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK pada hari, juga dalam mendukung Program Revitalisasi Kelompok Dasawisma untuk Ketahanan Keluarga, Saya akan

menyerahkan bantuan dana untuk kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L), di mana Ohoi Somlain merupakan salah satu lokasi pelaksanaan program tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui pemanfaatan lahan pekarangan, lahan tidur, dan lahan kosong yang tidak produktif, sebagai penghasil pangan untuk memenuhi pangan dan gizi Rumah Tangga serta berorientasi pasar guna meningkatkan pendapatan Rumah Tangga.

Dirinya juga berharap agar bantuan tersebut dapat dikelola dengan baik untuk memberikan hasil yang maksimal bagi kesejahteraan keluarga.

Diakhir sambutanya, Bupati menyampaikan selamat mengikuti Lomba kepada masing-masing dasawisma dan berharap semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan, rahmat, dan berkatnya dalam pengabdiannya kepada masyarakat yang dicintainya.

Pada kesempatan yang sama Bupati juga berkesempatan melihat hasil pangan lokal yang dipamerankan dari masyarakat setempat dan membelinya.

(dp-52)

Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

terima kasih telah memberikan komentar

Berita Pilihan Redaksi